telkomsel halo

Transaksi Harbolnas 2016 akan tinggi di 14 Desember

10:04:44 | 14 Dec 2016
Transaksi Harbolnas 2016 akan tinggi di 14 Desember
ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) – Asosiasi eCommerce Indonesia (idEA) memprediksi transaksi Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 akan mencapai puncaknya pada 14 Desember 2016.

Harbolnas 2016 diselenggarkan mulai tanggal 12 - 14 Desember.

“Kami belum dapat laporan transaksi untuk Harbolnas 2016, panitia yang pegang. Tetapi kalau melihat tren yang terjadi, hari pertama itu trafik akan naik karena banyak yang window shopping,” ungkap Ketua Umum idEA Aulia E Marinto, kemarin.

Diperkirakannya, pada hari kedua pengunjung Harbolnas akan membandingkan dulu harga yang ada dengan di pasar dan hari terakhir baru terjadi transaksi. “Hari terakhir baru mutusin untuk beli. Sekarang sudah mulai smart shopping semua, tak terpukau pandangan pertama lagi. Kalau Anda tanya di Blanja.com, kita hari pertama saja trafik naik tiga kali lipat dibandingkan hari biasa kok,” kata Pria yang juga menjadi CEO Blanja.com itu.

Ditambahkannya, Blanja.com memiliki enam program unggulan selama Harbolnas 2016 untuk memanjakan pelanggan. “Kita (Blanja.com) ada enam program, bayangkan ratusan peserta lainnya. Pasti sekarang pada sibuk bandingin best offer,” katanya.

Sementara Country Manager Visa untuk Indonesia, Harianto Gunawan, mengungkapkan  hingga September 2016, pengeluaran belanja online para pemegang kartu Visa di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 41% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

"Bulan Desember, juga merupakan periode emas untuk e-commerce sebab pengeluaran belanja online para pemegang kartu Visa pada saat itu meningkat 30%   dibandingkan dengan rata-rata pengeluaran bulanan," kata Harianto.   

Mengutip data Visa Consumer Payment Attitudes Study 2015, sebanyak 70% masyarakat Indonesia menyempatkan diri untuk berbelanja online sebulan sekali. Responden juga  lebih senang berbelanja online karena barang yang dibeli langsung dikirimkan ke rumah (45%) dan harga produk yang ditawarkan online cenderung lebih murah (25%).

Studi tersebut juga menemukan bahwa rata-rata responden menghabiskan waktu selama 45 menit pada saat belanja online.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year