Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

BLANJA.com tutup operasi

07:24:30 | 02 Sep 2020
BLANJA.com tutup operasi
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Portal marketplace BLANJA.com yang dikelola Telkom dan eBay melalui perusahaan Metraplasa membuat sebuah pengumuman yang mengejutkan di situsnya.

Dalam situsnya tersebut, BLANJA.com mengumumkan  adanya perubahan strategi bisnis yang dilakukan, sehingga terhitung mulai 1 September 2020 seluruh kegiatan pembelian di portal tersebut akan dihentikan.

"Adapun untuk pembelian, penjualan, pembayaran dan pengiriman yang masih dalam proses, masih bisa diselesaikan," tulis Tim BLANJA.com.

Selanjutnya BLANJA.com menghimbau untuk melakukan penarikan saldo pada Dompet BLANJA sebelum tanggal 30 September 2020 dengan memperhatikan syarat dan kondisi.

Dalam catatan, MetraPlasa adalah perusahaan patungan (Joint Ventures/JV) antara Telkom dengan ebay yang dibentuk pada 2012 lalu. Sebelum bernama Blanja.com, portal yang dikelola bernama Plasa.com.

Komposisi kepemilikan adalah Telkom melalui PT Multimedia Nusantara (Metra), menguasai 60%  saham, sedangkan e-bay sisanya.

Telkom telah merintis bermain di eCommerce sejak 2009 dengan memoles Plasa.com sejak 2009 dimana telah dihabiskan investasi sekitar US$ 5 juta kala itu.

Pada 2017, Telkom kembali menyuntikkan dana ke Blanja.com sekitar Rp 500 miliar untuk menunjang revitalisasinya.

Kinerja BLANJA.com tiga tahun terakhir tak mengecewakan jika dilihat dari sisi kualitas transaksi.

Paket Semangat Kemerdekaan
Portal ini dipercaya Kementrian BUMN untuk program digitalisasi pelaku UKM melalui RKB BUMN. Sementara Kemendikbud mempercayakan portal ini sebagai salah satu channel untuk program SIPLah.

Brand-brand besar pun banyak yang mepercayakan BLANJA sebagai saluran penjualannya.

Sayang, BLANJA.com harus menyusul Elevenia dan Cipika dua eCommerce milik operator telekomunikasi yakni XL dan Indosat yang tinggal gelanggang beberapa tahun lalu.(id)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
Sah! Indosat dan Tri merger
Telkom Digital Permata