Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
telkomsel halo

Lenovo respons evolusi edutech, bikin software manajemen kelas LanSchool

08:00:00 | 21 Jan 2022
Lenovo respons evolusi edutech, bikin software manajemen kelas LanSchool
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- Lenovo, perusahaan global di industri teknologi, terus berupaya untuk meningkatkan layanan menyeluruh dengan menghadirkan Software Manajemen Kelas seperti LanSchool yang dirancang untuk mengatasi tantangan ini dan merespon evolusi pembelajaran digital di kelas, dengan memperluas kemampuan dan pengawasan guru di ruang digital. Lanschool juga memberi guru peluang baru untuk memperluas pengalaman belajar online siswa dengan cara yang terarah dan bijaksana. 

“Membatasi distraksi digital merupakan tantangan besar, bahkan anak-anak yang paling rajin belajar sekalipun dapat mengalami pengalihan saat mengerjakan pekerjaan kelas, atau bahkan melakukan kegiatan digital yang sesungguhnya tidak aman” ujar Johny Darmawan, REL Lead Lenovo Indonesia. Yang mana memastikan siswa memiliki batasan berbasis web yang mereka butuhkan untuk tetap fokus telah menjadi aspek penting dari manajemen kelas yang berdampak untuk mengurangi stres selama waktu belajar mengajar. 

Tantangan baru manajemen kelas  

Tantangan pembelajaran jarak jauh, seperti kontribusi siswa yang lebih rendah, membuat banyak guru tidak yakin prestasi siswa secara akademis dan emosional justru semakin sulit untuk membuktikan — atau mencapai — kesuksesan. Dengan dimulainya sistem belajar hybrid, pemicu stress para guru dapat didasari oleh tantangan untuk menegakkan kembali norma perilaku dan partisipasi siswa di dalam kelas mungkin cukup sulit dan menantang, terlebih setelah satu tahun melakukan pembelajaran jarak jauh. 

Dengan perubahan besar dalam sistem belajar mengajar beberapa tahun terakhir, tahun ajaran baru pasca pandemi yang sebentar lagi akan datang juga seringkali berdampak pada kesehatan mental para pengajar yang tidak terkait dengan virus, melainkan stres.  

Adapun beberapa cara software manajemen kelas dapat membantu guru mengurangi stres di kelas mereka adalah sebagai berikut:  

Agar siswa yang telah menyelesaikan lebih awal dapat diberikan tugas lanjutan dan mencegah mereka untuk mengganggu siswa lain, guru dapat memeriksa progres siswa selama tugas tertentu. Ini juga dapat berguna untuk mengukur tingkat pemahaman selama pembelajaran. Jika seorang siswa tampak kesulitan, guru dapat menawarkan bantuan langsung. 

Mengarahkan siswa yang menyelesaikan lebih awal – Guru dapat menggunakan fitur pesan langsung agar siswa dapat diberikan tugas lanjutan dan mencegah mereka untuk mengganggu siswa lain. 
 
Bisa menetapkan pemfilteran web untuk memungkinkan guru dan tim TI memutuskan situs dan aplikasi mana yang aktif atau tidak bagi siswa, sehingga lebih memudahkan mereka untuk tetap mengerjakan tugas dan menghindari konten yang tidak aman atau tidak pantas. 

Software manajemen kelas dapat memungkinkan guru untuk menjangkau dan mencegah perilaku tersebut secara satu-ke-satu atau satu-ke-beberapa. 

Mengembalikan fokus siswa, dimana guru dapat mengosongkan layar siswa untuk mengalihkan perhatian ke diri mereka sendiri. Mereka juga dapat mendorong situs web dan aplikasi langsung perangkat siswa agar semua orang dapat dengan cepat membuka halaman yang sama selama pembelajaran berlangsung 

Mendorong kepercayaan diri siswa. Banyak siswa yang merasa tidak nyaman berpartisipasi dalam pembelajaran atau mengajukan pertanyaan di lingkungan kelas. Fitur pesan langsung yang tersedia memungkinkan para siswa ini untuk menghubungi guru secara diam-diam, dan guru dapat dengan lebih baik menangani kebutuhan para siswa ini. 

Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Software Manajemen Kelas mendukung guru dan siswa  

Tanpa teknik manajemen kelas dan software yang menyediakan tingkat pengawasan dan transparansi yang diperlukan, teknologi juga dapat menjadi penghalang dalam pengajaran. Lenovo dan LanSchool percaya bahwa dengan sistem yang tepat, ini dapat mendukung pengajaran dengan cara yang mungkin tidak pernah dibayangkan oleh generasi sebelumnya.

Bakti
Tidak ada edtech lain yang memberikan guru fitur untuk membantu lebih banyak dalam pengawasan dan kesempatan daripada software manajemen kelas, hal tersebut menjadikannya sebagai alat yang cukup penting untuk mengurangi stres di dalam kelas dan pada akhirnya membantu guru menikmati mengajar lagi. (SYR)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Financial Analysis
XL kurangi kepemilikan di PDGDC