telkomsel halo

560 ribu kicauan bersiliweran kala Debat kedua Pilkada DKI Jakarta

09:32:20 | 29 Jan 2017
560 ribu kicauan bersiliweran kala Debat kedua Pilkada DKI Jakarta
Infografis oleh Twitter
JAKARTA (IndoTelko) –  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tetapi rasa Pemilihan Presiden (Pilpres). Inilah aroma yang terasa di Pilkada DKI sejak masa kampanye terbuka dimulai.

Perhatian masyarakat lumayan besar terhadap Pilkada DKI Jakarta, tak hanya dari sisi pemberitaan, tetapi juga ketika debat terbuka antara pasangan calon (Paslon) dilakukan pada Jumat (27/1) lalu.

Dalam pernyataan resminya Twitter menyatakan pada Jumat (27/1) malam terdapat setidaknya 560.000 Tweet yang terkait dengan #Debat2PilkadaDKI, di mana puncak percakapan terjadi pada jam 09.31 WIB dengan 1.700 Tweet per menit.

“Elemen LIVE dan real time di Twitter memudahkan masyarakat untuk menemukan informasi terkini mengenai peristiwa yang tengah banyak diperbincangkan seperti sesi #Debat2PilkadaDKI kemarin malam. Tidak hanya sebagai sumber informasi, Twitter juga memudahkan masyarakat berekspresi dan berpartisipasi secara lebih seru dalam pesta demokrasi,” tulis pernyataan Twitter.

Berdasarkan percakapan yang direkam Twitter pada Jumat (27/1) malam, Calon Gubernur nomor urut 2 Basuki Tjahja Purnama (@basuki_btp) menjadi kandidat yang paling banyak disebut oleh netizen di Twitter, diikuti oleh Calon Gubernur nomor urut 3 Anies Baswedan (@aniesbaswedan) di urutan kedua, dan  Calon Gubernur nomor urut 1 Agus Harimurti  Yudhoyono(@agusyudhoyono) di urutan terakhir. Urutan ini tidak menunjukkan sentimen percakapan yang terjadi di Twitter.

Anies Unggul
Jika Twitter merekam Paslon nomor urut 2 yang unggul di platformnya, Politicawave, menunjukkan bahwa dalam debat yang berlangsung selama 120 menit itu, sebanyak 76% dari total pembicaraan soal Anies-Sandi di media sosial bersentimen positif.

Sementara pasangan nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, memperoleh sentimen positif terbanyak kedua. Sepanjang debat, 69% dari total pembicaraan tentang agus bernada positif.

Adapun pasangan petahana, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, memperoleh sentimen negatif paling banyak. Sebanyak 46% dari total pembicaraan soal pasangan nomor 2 ini bernada negatif.

Meski demikian, secara umum pasangan Ahok-Djarot masih merupakan yang paling populer di antara para netizen. Dari total percakapan netizen tentang debat kedua ini, 51% adalah soal Ahok-Djarot. Sementara Anies-Sandi berada di urutan kedua dengan total pembicaraan sebesar 38%, disusul oleh Agus-Sylvi dengan pembicaraan sebesar 11%.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year