telkomsel halo

Esports 2024 hilang atau malah gemilang?

05:07:00 | 04 Apr 2024
Esports 2024 hilang atau malah gemilang?
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Mengakhiri Maret, UniPin Community (UNITY) kembali menyelenggarakan webinar bulanan dengan tajuk "Esports in 2024: Growing or Fading?" yang membahas proyeksi dan tren esports di 2024 secara mendalam. Webinar ini dilakukan secara daring melalui telekonferensi ZOOM dan disiarkan langsung di kanal YouTube UniPin Gaming pada Kamis (28/3) lalu.

Perubahan gaya hidup dan kebiasaan masyarakat pasca-pandemi memberikan berbagai perubahan yang menjadi peluang sekaligus ancaman bagi berbagai industri, tak terkecuali esports. Untuk memprediksi tren dan perubahan apa saja yang akan dialami industri esports di tahun ini, hadir sebagai pembicara adalah Isfan Satria Wijaya selaku Head of Esports MORPH Team dan Aditya Kusuma Putra yang akrab disapa Mozia selaku Super Coach Akademi Garudaku.

Dikatakan Mozia, esports sudah bukan hal yang baru di tahun 2024. Tahun ini merupakan kelanjutan dari perkembangan esports yang masih memiliki prospek cerah untuk ke depannya. "Di 2024 ini, bibit baru juga mulai banyak keluar. Dari sekolah dan mahasiswa, membantu untuk mengembangkan industri itu sendiri," jelasnya.

Santernya kabar yang beredar mengenai layoff di industri gaming secara global, wajar jika masyarakat menganggap industri gaming dan esports tengah mengalami guncangan. Isfan dalam perspektifnya menyebutkan bahwa meski mengalami kesulitan, industri ini masih akan terus bertumbuh.

Sementra Isfan mengungkapkan, jika ditanya, esports itu sedang growing atau sudah fading? Jawabannya tetap growing meski kemarin masih ada dalam posisi stagnan. "Setelah pandemi, orang-orang yang mengonsumsi produk-produk digital secara terus-menerus sedang mengalami kejenuhan. Namun, di 2024 ini masih akan muncul game-game baru yang diharapkan menjadi breakthrough sebagai jawaban dari kejenuhan itu," katanya.

Setiap bulannya, UNITY secara aktif menggelar webinar dan menyediakan wadah edukasi terkait industri gaming dan esports. Seluruh webinar UNITY yang terselenggara rutin setiap bulannya dapat disaksikan kembali di kanal YouTube UniPin Gaming. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan UNITY, UniPin Academy dan webinar-webinar lainnya dapat diakses melalui akun instagram resmi UniPin @unipinindonesia. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year