telkomsel halo

Wise bagi tip nonton konser di luar negeri anti boncos

05:30:27 | 26 Mar 2024
Wise bagi tip nonton konser di luar negeri anti boncos
JAKARTA (IndoTelko) Dengan konser Taylor Swift baru-baru ini di Singapura serta konser Bruno Mars mendatang di bulan April, penonton konser dari Indonesia kini lebih sering ke luar negeri untuk menyaksikan pertunjukan musisi favorit mereka secara langsung.

Namun, keseruan menghadiri konser internasional ini seringkali disertai dengan pertimbangan biaya yang tidak sedikit.

Baru-baru ini, kisah seorang suami viral karena ia rela mengeluarkan lebih dari Rp30 juta untuk menonton konser Taylor Swift bersama istrinya. Walau kisah ini telah memikat hati publik, timbul sebuah pertanyaan: Apa benar harus mengeluarkan biaya sebesar itu untuk menonton konser di luar negeri?

Budgeting dan planning sedini mungkin merupakan kunci untuk berhemat ketika nonton konser di luar negeri

Alokasi anggaran terbesar umumnya jatuh di tiket pesawat dan akomodasi. Ini sudah tidak mengejutkan lagi karena cepatnya harga melonjak di setiap momentum konser akbar.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya sudah menyiapkan budget untuk nonton konser ke luar negeri dari jauh-jauh hari, bahkan sebelum pembelian tiket dibuka. Hal ini supaya pemesanan tiket dan hotel dapat dilakukan secepat mungkin agar Anda tidak dikenakan harga yang terlalu mahal. Menggunakan tools seperti Skyscanner juga dapat membantu dalam membandingkan opsi penerbangan yang tersedia.

Namun, jika Anda sudah memesan tiket pesawat dan hotel dan masih mencari cara untuk lebih berhemat selama menonton konser di luar negeri, Country Manager Wise Indonesia Elian Ciptono, membagikan beberapa tips berikut ini:

1. Pilih Tempat Makan yang Terjangkau: Luangkan waktu untuk mencari tempat kuliner dengan harga ramah di kantong. Di Singapura, Anda dapat mengunjungi hawker centers seperti Old Airport Road Food Centre, Chinatown Complex Market, dan Golden Mile Food Centre, yang menawarkan berbagai pilihan makanan, termasuk makanan halal, dengan harga mulai dari S$5 atau sekitar Rp58.000 per porsi. Dengan ini, Anda dapat berhemat untuk hal yang lebih penting seperti untuk experience konser.

2. Gunakan Transportasi Umum Lokal: Daripada taxi, gunakanlah transportasi umum ketika di luar negeri. Di Singapura, sistem transportasi umum mereka cukup mudah untuk digunakan, terutama dengan bantuan Google Maps atau aplikasi lokal seperti MyTransport.SG. Anda dapat menghemat dengan menggunakan bis dan MRT, dengan biaya mulai dari S$1.50.

3. Minta Bantuan Teman atau Keluarga Anda: Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang tinggal di negara yang Anda tuju, Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti Wise untuk mengirim uang langsung ke rekening bank lokal mereka. Mereka dapat membantu menarik uang tunai dari ATM lokal, sehingga Anda terhindar dari biaya ATM yang mahal, biaya transaksi valuta asing, serta nilai tukar yang tidak menguntungkan. Wise menawarkan nilai tukar tengah, sesuai dengan apa yang biasanya Anda temukan di Google, dengan rata-rata biaya transaksi sebesar 0,65%. Selain itu, transaksi melalui Wise dapat dilakukan dengan sangat cepat.

4. Temukan Acara Gratis Lainnya: Carilah acara dan kegiatan gratis di dekat venue konser. Ada banyak akun media sosial yang mempromosikan acara lokal gratis, seperti akun @DistrictSixtyfive di Singapura. Anda akan mendapatkan pengalaman selama di luar negeri tanpa mengeluarkan biaya tambahan, serta menikmati budaya dan hiburan di negara yang Anda tuju.

5. Siapkan emergency budget: Penting untuk mempersiapkan budget ekstra yang mungkin dibutuhkan selama perjalanan Anda. Dengan menyiapkan budget tambahan ini, Anda bisa mempersiapkan budget lebih untuk hal-hal tidak terduga. Dengan menyisihkan sebagian dana untuk keadaan darurat, Anda dapat melakukan perjalanan dengan tenang dan menikmati pengalaman konser sepenuhnya.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year