telkomsel halo

Ini gaya berlibur keluarga milenial

05:03:00 | 27 Dec 2017
Ini gaya berlibur keluarga milenial
Infografis oleh Frame A Trip
JAKARTA (IndoTelko) - PT Global Foto Travel sebagai pemilik platform  Frame A Trip yang menghubungkan para pelancong dengan fotografer profesional lokal untuk mengabadikan momen liburan mengeluarkan riset tren likes dan perilaku konsumen Indonesia dari layanan holiday photography yang diberikan selama tahun 2017 dan menemukan hasil yang serupa dengan riset global dengan demografi orang Indonesia.

“Data kami menunjukkan, 50% pelanggan Frame A Trip ternyata berusia 25-34 tahun yang merupakan kaum milenial Indonesia. Dari sampling kami juga menemukan jumlah likes akan bertambah 96,9% jika unggahan foto di Instagram diambil oleh fotografer professional,” kata Pendiri Frame A Trip  Dian Sastrowardoyo dalam keterangannya, kemarin.   

Data Frame A Trip memotret bahwa jasa holiday photography di Indonesia lebih diminati oleh kaum wanita (86%). Penggunaannya kebanyakan 67% untuk foto bersama keluarga, dimana 77% nya foto keluarga dengan anak.

Selain foto bersama keluarga, servis holiday photography juga digunakan 17% foto dengan teman, 13% dengan pasangan, dan sisanya 3% foto sendiri. Hal ini mengindikasikan kaum milenial Indonesia yang berkeluarga sangatlah dominan menggunakan jasa fotografer profesional saat berlibur.

Destinasi
Selama tahun 2017 ini, Frame A Trip melayani pasar wisatawan asal Indonesia dengan perjalanan liburan 71% kebanyakan ke wilayah benua Asia. Hal ini terlihat dengan 3 negara di Asia, yakni Indonesia, Jepang dan Singapura memang mendominasi 5 negara paling digemari untuk tujuan foto sambil berlibur.
Secara lebih spesifik di tingkat kota, Bali menduduki urutan pertama, diikuti oleh Paris, Tokyo, London, serta Kyoto yang menjadi 5 kota destinasi paling favorit.

Lokasi
Untuk lokasi foto, wisatawan Indonesia ketika berfoto dengan fotografer profesional kecenderungannya 88% memilih foto luar ruangan dengan 68% suka tema berlatar perkotaan, dimana 90% nya mengambil latar perkotaan dengan obyek ciri khas dari kota destinasi wisata (landmark), contohnya background Menara Eiffel di Paris atau Big Ben di London.

Ini gaya berlibur keluarga milenial

Lalu, hanya 32% yang suka foto outdoor berlatar suasana alam, di mana lokasi pantai (83%) jadi pilihan utama foto liburan, contoh yang terkenal adalah pantai Melasti di Bali.

Pose
Selain itu, satu hal yang tidak kalah menarik adalah pilihan pose foto paling favorit saat fotografi liburan. Dari hasil foto-foto Frame A Trip selama tahun 2017, ternyata wisatawan Indonesia 79% bergaya tanpa mencium dengan 35% pose-nya gaya bebas, 33% berpegangan tangan, dan 32% memakai pose andalan merangkul pasangan foto.

Dari sisi penampilan, 85% pengguna Frame A Trip saat foto sesi lebih memilih pakaian casual dan 69% hanya memakai makeup yang tipis sekedar terlihat fresh di depan kamera.

Untuk 11% mereka yang saat difoto menggunakan baju tradisional, biasanya karena destinasi wisatanya memang terkenal dengan baju adat, contohnya Jepang dengan kimono-nya atau Korea Selatan dengan hanbok-nya.

“Berlibur sudah menjadi tren bagi keluarga milenial di Indonesia,” simpul Dian.(wn) 

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year