telkomsel halo

BRI dorong UMKM berevolusi di era digital

14:01:25 | 17 Dec 2016
BRI dorong UMKM berevolusi di era digital
Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah) mengunjungi salah satu booth milik peserta UMKM Digitalvolution bersama Dirut BRI Asmawi Syam (kedua kanan) di Jakarta, Sabtu (17/12).(Foto:BRI)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mendorong pelaku kegiatan Usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) berevolusi di era digital agar bisa memiliki daya saing tinggi.

Hal itu ditunjukkan dengan menggelar kegiatan bertajuk “UMKM Digitalvolution” yang diselenggarakan pada tanggal 17 hingga 18 Desember 2016 di JIEXPO Kemayoran dalam rangka menyambut HUT ke-121 dari Bank pelat merah tersebut.

Dalam rilisnya (17/12), dinyatakan kegiatan tersebut meliputi Seminar, Pameran dan Coaching Clinic UMKM. Pameran dan Coaching Clinic ini terbuka untuk umum Hal tersebut merupakan salah satu bentuk konsistensi dan wujud komitmen Bank BRI dalam mendukung pengembangan potensi ekonomi di segmen bisnis mikro, kecil, dan menengah (UMKM)  di seluruh pelosok negeri.

Kegiatan seminar setengah hari dengan tema “Menyiapkan UMKM yang Berdaya Saing Tinggi di Era Digital“ diselenggarakan pada tanggal 17 Desember 2016 dengan key note speaker yaitu Menteri BUMN Rini Soemarno.

Hadir juga dalam acara ini Direktur Utama BRI Asmawi Syam dan Direktur Mikro BRI Mohammad Irfan. Beberapa Praktisi professional ikut serta sebagai narasumber antara lain Aulia Marinto (CEO Blanja.com dan Ketua IDEA – Indonesia e- commerce Association), Eni V. Panggabean (Direktur Eksekutif Bank Indonesia) serta Imam B. Prasodjo (Sosiolog Universitas Indonesia).

Dalam kegiatan ini juga diluncurkan tiga buku, yaitu Jurus Bisnis Rakyat (JUBIR), Dari Langit Untuk Negeri, dan BRISat; Dari Orbit Melayani Negeri.

JUBIR berisi tentang kumpulan jurus – jurus nasabah UMKM BRI yang telah memperoleh sukses melalui usahanya. Dalam buku tersebut, tidak hanya menceritakan kesuksesan dari para nasabah tersebut, namun penuh dengan tips and trick bagaimana pengusaha UMKM BRI tersebut mengatasi hambatan yang ada hingga mencapai kesuksesan seperti saat ini.

Sedangkan untuk buku Dari Langit Untuk Negeri dan BRISat; Dari Orbit Melayani Negeri menceritakan tentang satelit milik Bank BRI, BRISat.

Melengkapi acara seminar, diselenggarakan juga kegiatan pameran pengusaha UMKM kreatif yang menghadirkan 121 nasabah UMKM BRI terpilih dari seluruh Indonesia sesuai dengan ulang tahun BRI yang ke 121.

Nasabah tersebut terbagi atas beberapa kategori antara lain cluster industry kreatif, cluster kain tradisional, cluster kopi, dan cluster makanan dan minuman olahan.

Pameran tersebut juga menampilkan finalis Teras Usaha Mahasiswa dan BRI Digital Challenge, sebagai wujud komitmen BRI dalam mencipatakan inkubasi bisnis dan ekosistem ekonomi digital. Teras Usaha Mahasiswa merupakan kompetisi yang di buat oleh BRI untuk menciptakan pengusaha muda kreatif dari kalangan Mahasiswa. BRI Digital Challenge ialah kompetisi dari Bank BRI bagi para talenta kreatif, developer, dan para penggiat startup untuk berinovasi dan memberdayakan layanan keuangan Indonesia agar menjadi lebih baik lagi.

Dengan misi meningkatkan pemahaman, literasi dan inklusi keuangan untuk nasabah dan calon nasabah BRI, maka UMKM Digitalvolution juga dilengkapi dengan kegiatan coaching clinic UMKM.

Kegiatan tersebut terdiri dari pelatihan dan konsultasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk meningkatkan pemahaman terkait beberapa aspek yang secara langsung dapat meningkatkan kapasitas usaha dari pengusaha/ pelaku UMKM.

Beberapa pelatihan yang diberikan antara lain perkreditan UMKM; pelatihan packaging; literasi terkait merk, hak cipta, dan paten; serta pemasaran UMKM melalui eCommerce.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year