telkomsel halo

Meizu Andalkan Blibli.com Masuk Pasar Indonesia

10:42:57 | 29 Sep 2015
Meizu Andalkan Blibli.com Masuk Pasar Indonesia
Model memamerkan Meizu 2 (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Vendor smartphone asal Tiongkok, Meizu, mulai masuk ke pasar Indonesia dengan mengandalkan blibli.com sebagai salah satu saluran penjualan dari produk Meizu M2 melalui Flash-Deals pada 1 Oktober 2015.

“Kami percaya dan yakin bahwa Blibli.com mampu membuka pintu bagi Meizu untuk tumbuh dan berkembang di pasar Indonesia,” jelas General Manager of Meizu Hong Kong Ramon Kwok, kemarin.

Meizu M2 sendiri merupakan smartphone terbaru dari Meizu yang didesain bagi segmen yang berjiwa muda. Smartphone ini hadir dengan kelengkapan fitur, kualitas, dan disain berkelas yang bisa menunjang gaya hidup penggunanya.

Director of Business Cooperation Meizu Technology Ross Wang menambahkan Meizu M2 dibuat untuk memenuhi kebutuhan konsumen “berjiwa muda”.

Hal itu terlihat dari desain smartphone yang stylish dan warna-warna dinamis dengan dua buah kamera yang masing-masing beresolusi 13 megapixel (MP) dan 5 megapixel (MP) dilengkapi dengan fasilitas rekam video dengan kualitas Full HD dan fitur FotoNation 2.0 untuk memaksimalkan kualitas foto pada saat melakukan selfie.

Dari sisi jaringan, Meizu M2 punya kemampuan untuk beroperasi di dua jaringan 4G, di hampir semua frekuensi, dan support dua teknologi 4G yang berbeda, baik yang berbasis TDD maupun FDD. Ini berarti bahwa Meizu M2 bisa beroperasi di hampir seluruh jaringan operator telekomunikasi di Indonesia. Khususnya untuk operator yang sudah mengimplementasikan teknologi 4G, LTE.  

Ramai Peminat
CEO Blibli.com Kusuma Martanto mengungkapkan produk tersebut ramai peminat dimana sudah ada sebanyak 20 ribu orang yang melakukan register (pemesanan) untuk pembelian  secara Flash Deals.  

“Meizu M2 ini sangat populer di Tiongkok. Saat peluncuran perdananya di Tiongkok pada Juli 2015, dalam waktu 3 jam saja langsung terjual sebanyak 2,8 juta unit. Soalnya dari sisi harga bersaing sekitar Rp 1.699.000 per unit,” katanya.

Diakui Kusumo, kategori smartphone merupakan kategori yang mengalami pertumbuhan pasar paling besar. Di Blibli.com, penjualan di kategori ini tumbuh lebih dari 600% dari periode yang sama pada tahun lalu. Konsumen terbesarnya ada di range usia 25-35 tahun.

“Segmen muda adalah salah satu pasar terbesar Blibli.com. Oleh karena itu, saya yakin Meizu M2 yang mengusung slogan Quality For Young bisa diterima dengan baik oleh konsumen online di Indonesia,” jelasnya.

Pada semester I 2015, Blibli.com mendapat lebih dari 1 juta kunjungan per hari dengan lebih dari 55% merupakan returning visitor. Pelanggan setia tidak hanya datang dari Pulau Jawa, tapi sudah merambah ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Saat ini, Blibli.com menawarkan lebih dari 350.000 produk dari 6.000 merek dan sudah bermitra dengan lebih dari 2.500 merchant partner dan 15 bank. Blibli.com juga menunjukkan kepedulian terhadap pengembangan produk lokal dan UKM.

Keseriusan ini ditunjukkan dengan membentuk tim khusus menangani UKM. Sekarang sudah ada lebih dari 1.000 UKM yang mulai bergabung di situs di bawah naungan GDP Venture ini.

Sementara itu, untuk kemudahan distribusi barang ke berbagai wilayah, Blibli.com berencana membangun warehouse di sembilan kota besar dan last-mile delivery station di berbagai kota untuk mempercepat pengiriman barang. Langkah ini dilakukan menyusul kerja sama dengan NEX Logistics dan 7-Eleven.

Menambah pilihan metode pembayaran juga menjadi prioritas agar Blibli Shopper semakin nyaman berbelanja. Nantinya, pelanggan bisa membayar barang pesanan di gerai convenience store agar memudahkan orang yang tidak memiliki rekening bank bisa melakukan pembayaran secara tunai.

Kini pelanggan juga bisa menikmati fasilitas pembayaran via transfer ATM Payment BCA yang saat ini mencapai 16.700 gerai di seluruh Indonesia. Pada kesempatan yang sama, Kusumo mengungkapkan bahwa Blibli.com mengalami tren meningkat dalam hal kunjungan dari perangkat mobile.

“Saat ini total pengunjung Blibli.com didominasi perangkat mobilesebesar 61% dan desktop sebesar 39%," ungkapnya.

Aplikasi mobile memungkinkan Blibli.com melayani pelosok Indonesia hingga kabupaten atau kota, seperti Bireuen, Sambas, Pasuruan, Sumba Timur, dan Maluku Tenggara yang menjadi kota-kota pelanggan mobile commerce Blibli.com.

Sejak awal berdiri, Blibli.com sudah menanamkan investasi di mobile platform dengan meluncurkan situs Blibli.com versi tablet pada 2012. Kemudian, meluncurkan aplikasi mobile berbasis Android pada awal 2014 yang pada pertengahan tahun ini diperbarui secara total dari sisi tampilan, kemudahan mencari barang dan berbelanja, maupun kecanggihan teknologi di dalamnya.(tp)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year