telkomsel halo

Menanti efek putusan terhadap Binance di Indonesia

18:16:33 | 26 Nov 2023
Menanti efek putusan terhadap Binance di Indonesia
Pada tahun-tahun terakhir, Binance, salah satu bursa kripto terbesar di dunia, telah menjadi subjek dari beberapa penyelidikan dan perhatian regulator di Amerika Serikat.

Binance telah menjadi subjek dari investigasi oleh otoritas regulator AS, termasuk Securities and Exchange Commission (SEC) dan agensi lainnya, terkait dengan beberapa aspek termasuk kepatuhan peraturan dan tata kelola.

Dalam perkembangan terbaru, Departemen Kehakiman Amerika Serikat (DOJ) telah menjatuhkan denda dan penyitaan senilai US$4,3 miliar dolar AS (Rp66,9 triliun) kepada Binance, menjadikannya hukuman terbesar yang pernah dijatuhkan kepada sebuah perusahaan di Amerika Serikat.

CEO Binance Changpeng Zhao, telah secara terbuka mengakui pelanggaran hukum yang dilakukan oleh bursa tersebut dan mengumumkan pengunduran dirinya dari Binance. Pengakuan ini melibatkan pelanggaran undang-undang anti pencucian uang, dan Zhao setuju untuk mengundurkan diri sebagai bagian dari kesepakatan pembelaan.

Kesepakatan antara DOJ dan Binance memastikan bahwa bursa kripto ini dapat melanjutkan operasionalnya.

Sebagai bagian dari kesepakatan ini, Binance berjanji untuk meninjau kembali transaksinya dan melaporkan transaksi mencurigakan kepada Financial Crimes Enforcement Network (FinCEN). Departemen Keuangan juga mengumumkan bahwa mereka akan mempertahankan akses ke buku besar, catatan, dan sistem Binance selama lima tahun melalui seorang pengawas.

Tindakan hukum ini terhadap Binance memiliki dampak signifikan bagi ekosistem kripto. Meski bursa kripto ini dihukum, kesepakatan ini memungkinkan bursa ini untuk tetap beroperasi dan mencegah potensi keruntuhan yang dapat mempengaruhi pasar, seperti yang terjadi dengan FTX setahun yang lalu.

Binance merupakan salah satu crypto exchange terbesar dan paling terkenal di dunia. Perannya yang signifikan dalam pasar kripto global membuatnya memiliki dampak yang cukup besar, termasuk di Indonesia. Sebelumnya, Binance telah menjadi salah satu platform yang populer di kalangan pengguna kripto Indonesia.

Saat Binance mendapat sorotan dari regulator di AS dan menghadapi sejumlah masalah hukum, ini menciptakan ketidakpastian dalam pasar kripto global, termasuk di Indonesia. Kasus-kasus hukum yang menimpa Binance bisa berdampak pada persepsi dan kepercayaan pengguna kripto terhadap platform tersebut, serta kripto secara keseluruhan.

Perusahaan data Nansen melaporkan Investor menarik sekitar US$ 956 juta dari bursa kripto Binance dalam sehari. Data Nansen tidak mencakup aliran bitcoin tetapi menandakan kabar pencucian uang mengguncang beberapa pelanggan bursa. Namun, menurut data Nansen, terdapat lebih dari USD65 miliar aset di platform tersebut.

Di Indonesia, pasar kripto berkembang pesat, dan platform seperti Binance memiliki pengaruh besar dalam menentukan tren investasi. Kasus hukum yang melibatkan Binance bisa mempengaruhi perilaku investor di Indonesia. Selain itu, respon pemerintah Indonesia terhadap kasus Binance juga bisa mencerminkan bagaimana regulasi di negara ini akan mengatur crypto exchange di masa depan.

Crypto exchange adalah platform yang memungkinkan pengguna membeli, menjual, atau menukar aset kripto. Mereka berperan sebagai pasar di mana orang dapat bertransaksi dengan aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, dan lainnya.

Crypto exchange memiliki peran penting dalam ekosistem kripto karena memfasilitasi likuiditas, memungkinkan akses mudah ke berbagai aset kripto, dan menjadi tempat untuk melakukan perdagangan dengan mata uang kripto.

Belajar dari kasus Binance, pemerintah dan investor kripto di Indonesia harus mempertimbangkan beberapa hal ketika melihat crypto exchange yakni keamanan, biaya yang ditarik, lisensi dan regulasi, likuiditas, dan pilihan aset.

Setiap crypto exchange memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi penting untuk melakukan riset dan memilih exchange yang sesuai dengan kebutuhan, kenyamanan, dan tujuan investasi.

Indonesia sebagai salah satu pasar kripto yang berkembang pesat, tidak bisa mengabaikan dampak dari kasus ini. Meskipun belum ada tindakan langsung terhadap Binance di Indonesia, kasus ini telah meningkatkan kebutuhan akan regulasi yang lebih ketat dan jelas terkait investasi kripto.

Saatnya bagi Indonesia untuk mempertimbangkan regulasi yang lebih rinci dan jelas untuk menghadapi dinamika investasi kripto. Dalam hal ini, kebijakan harus seimbang antara memberikan kebebasan bagi inovasi teknologi dan melindungi investor dari risiko yang terkait.

@IndoTelko

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year