telkomsel halo

Analisa Saham

Saham pengelola jalan tol di mata startup

10:04:16 | 27 Okt 2017
Saham pengelola jalan tol di mata startup
JAKARTA (IndoTelko) – Berinvestasi saham di pengelola jalan tol salah satu menu yang menjadi pilihan bagi investor ritel.

Startup TemanTrader pun tak ketinggalan mengulas saham milik dua pemain jalan tol yang banyak dikoleksi investor yakni PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan Citra Marga Nusaphala Persada Tbk PT (CMNP).

Dalam kajian yang dikeluarkan TemanTrader (27/10), startup ini mengulas kinerja saham JSMR dengan CMNP ecara Finansial analisis (FA) dan Teknikal Analisis (TA) dalam timeframe Daily dan Weekly (untuk TA-nya).

Analisa Fundamental

Berdasarkan laporan keuangan, JSMR memiliki Total Penjualan yang meningkat secara konsisten dari tahun 2014 hingga diprediksi tahun 2017.

Hal tersebut diikuti naiknya Laba Bersih JSMR dari tahun ke tahun. Tercatat Laba Bersih JSMR akan mencapai 2074 (in billion rupiah). Sementara itu CMNP memiliki Total Penjualan yang meningkat hingga 2016, namun diprediksi akan turun pada tahun 2017.

Namun jika ditinjau dari rasio keuangannya, Net Profit Margin (NPM) CMNP terlihat lebih unggul daripada JSMR dimana nilai NPM CMNP selalu berada diatas 20%.

Saham pengelola jalan tol di mata startup

Sedangkan NPM tertinggi JSMR hanya mampu mencapai 15%. Akan tetapi tingkat pengembalian yang dihasilkan JSMR dari nilai ekuitasnya lebih unggul dari CMNP. Secara umum kedua emiten yang bergerak disektor jalan tol ini, sama-sama memiliki kondisi fundamental yang sehat.

Dari segi Valuation dan Solvency, terlihat jelas bahwa CMNP atau Citra Marga sangat mengungguli jauh Jasa Marga. Dari rasio hutang saja sudah terlihat bahwa CMNP dapat mengelola hutangnya lebih baik dan lebih kecil nilai hutangnya dibanding JSMR dengan rasio 0.47 vs 2.06.

Dari segi valuasi harga, juga terlihat baik secara nilai buku, maupun Price Earning Ratio (PER) lebih murah CMNP. CMNP memiliki PER yang cukup baik di angka 8.21 dibanding JSMR, begitu pula juga dari sisi nilai buku harga sahamnya, Price per Book Value (PBV) CMNP nilainya 0.8. Dari 2 segi ini, CMNP cukup direkomendasikan untuk value investing, walau nilai buku sahamnya hampir senilai dengan harga saham nya sekarang.

Analisa Teknikal  

JSMR Daily: Terdapat akumulasi disertai dengan volume sejak tiga hari yang lalu. Kenaikan saham ini disertai dengan volume yang relatif tinggi setiap harinya. Stochastics dan MACD GoldenCross serta bergerak naik, mengindikasikan bahwa saham ini akan melanjutkan uptrendnya. Harga berhasil break resisten 6350, bisa terus diikuti dengan jalur 6575-7000. Patah trend pada 6200 dengan jalur bawah 6050-5850.

Saham pengelola jalan tol di mata startup

JSMR Weekly: Pergerakan harga terus mengalami kenaikan sejak Mei hingga sekarang. Volume terlihat mengalami kenaikan. Stochastics GoldenCross namun cenderung menurun. MACD terus mengalami kenaikan tiap minggunya. Harga berhasil break resisten 6225, bisa diikuti dengan target 7225. Patah trend pada 5850 dengan jalur bawah 5650-5290.

CMNP Daily: Harga cenderung bergerak sideways pada area 1345-1375. Belum terlihat adanya akumulasi maupun distribusi. Volume cenderung kecil tiap harinya. Stochastics GoldenCross namun bergerak sideways dan MACD cenderung naik namun sideways. Bisa diperhatikan jika break resisten 1375 dengan jalur 1410-1490. Waspada break support 1345 dengan jalur 1320-1290.

Saham pengelola jalan tol di mata startup

CMNP Weekly: Pergerakan cenderung sideways pada area 1290-1405. Belum ada tanda akumulasi maupun distribusi. Volume cenderung sideways. Stochastics akan DeadCross namun cenderung naik dan MACD bergerak sideways. Bisa diperhatikan jika break resisten 1405 dengan jalur 1505-1705-1995. Waspada jika breakdown EMA5 dengan jalur bawah 1290-1195.

Kesimpulan: Secara FA JSMR dan CMNP sama-sama memiliki finansial yang bagus. Sementara itu ditinjau dari rasio valuasinya, CMNP terlihat lebih menarik daripada JSMR karena PER dan PBV nya lebih rendah daripada JSMR.

Ditinjau dari TA JSMR dalam tren naik menguji level R 6225. Namun CMNP terlihat dalam fasa sideway dalam jangka panjangnya. Jadi secara keseluruhan untuk trading JSMR lebih disarankan untuk dikoleksi daripada CMNP.(*)

Artikel ini hasil kerjasama TemanTrader dan IndoTelko

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year