telkomsel halo

eCommerce Lokal Siap Hadapi MEA

09:45:32 | 18 Okt 2015
eCommerce Lokal Siap Hadapi MEA
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Industri eCommerce lokal dinilai sudah siap untuk bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan diimplementasikan  pada awal 2016.

“eCommerce lokal sudah siap untuk kompetisi di era MEA nanti. Bisnis melalui internet ini sangat cocok di era MEA,” kata Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Amir Karamoy, belum lama ini.

Menurutnya, berbisnis melalui eCommerce memiliki potensi yang besar, karena memasuki seluruh penjuru dunia. Terlebih lagi terkoneksi dengan pemain-pemain besar di bisnis eCommerce global. “Pemain lokal harus hati-hati menghadapi para raksasa ini.  Kalau tidak hati-hatu, bisa diatur oleh mereka,”katanya.

Sekadar diketahui, sektor eCommerce memang mulai banyak menyedot perhatian pengusaha lokal untuk berinvestasi. Setelah Lippo Group  terlihat serius dengan MatahariMall.com, kali ini salah satu pemilik Blue  Bird,Indra Djokosoetono, berinvestasi di portal Maskoolin.

Portal  ini memberikan  layanan eCommerce khusus pria. Situs ini baru saja memperoleh pendanaan pra-seri A tanpa disebutkan jumlah nominalnya. Maskoolin menggunakan algoritma melalui kuis dan aktifitas penggunaan browser internet yang memungkinkan website Maskoolin untuk mengerti minat user.

Geliat eCommerce di Indonesia  makin tinggi karena kehadiran pemain asing seperti Lazada. Perusahaan ini baru saja mengumumkan acara tahunan Online Revolution Lazada akan diluncurkan serentak di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Ajang diskon ini digelar mulai 11 November hingga periode puncaknya di tiga hari terakhir, jelang tanggal 12 Desember. Berbagai merek dan penjual di Asia Tenggara serta pasar internasional seperti Tiongkok, Hong Kong, Amerika Serikat dan Inggris dikabarkan juga akan bergabung dalam acara diskon ini. Tidak hanya itu, lebih dari 10 juta pilihan produk yang tersebar dalam 13 kategori memberikan diskon hingga 80%.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year