telkomsel halo

Strategi Korporasi

Resep Elevenia Menembus Top 5 e-commerce di Indonesia

08:50:09 | 20 Feb 2015
Resep Elevenia Menembus Top 5 e-commerce di Indonesia
KIKA Madeleine Ong De Guzman, Junsung Lee, Lila Nirmandari (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Dalam hitungan minggu kedepan, portal marketplace besutan XL Planet, Elevenia, akan berumur satu tahun beroperasi di Indonesia.

Portal hasil kerjasama XL dan SK Planet ini lumayan membetot perhatian di bisnis e-commerce karena dalam waktu singkat sudah masuk ke jajaran klasemen papan atas di Indonesia.

Para punggawa Elevenia berhasil mengkonversi investasi puluhan juta dollar AS yang digelontorkan XL dan SK Planet menjadi kinerja operasional yang kinclong.

“Tahun lalu kami dapat investasi sekitar US$ 36 juta, tahun ini US$ 24 juta. Kita bisa konversi itu menjadi Gross Market Value (GMV) yang positif. Elevenia dalam jalurnya menuju kejayaan sesuai rencana bisnis yang dibuat lima tahun ke depan,” ungkap CEO XL Planet Junsung Lee ketika ditemui IndoTelko di Kantornya, pekan lalu.

Diungkapkannya, hingga bulan Februari 2015, diperkirakan ada sekitar 800 ribu pengguna terdaftar, dengan 20 ribu merchant  dan lebih dari 2 juta produk yang terbagi dalam 8 kategori diantaranya gadget/komputer, elektronik, fesyen, kecantikan & kesehatan, anak-anak dan bayi, home/garden, hobi, serta service/food.

Per hari, portal besutan XL Planet ini melayani sekitar 10 ribu transaksi. Pada Desember 2014, GMV yang dicicipi sekitar Rp 64 miliar.

“GMV itu total transaksi, itu belum revenue yang kami dapat. Tetapi para investor melihatnya GMV. Kita ambil revenue sekitar 5% hingga 10% dari transaksi,” jelasnya.

Dalam laporan keuangan XL Axiata 2014 terlihat portal e-commerce ini mencatat pendapatan sebesar Rp 3,454 miliar sepanjang 2014 atau naik dibandingkan 2013 sekitar Rp 1,042 miliar. (Baca juga: Elevenia perbesar pangsa pasar)

Resep
Sementara VP Marketing Elevenia Madeleine Ong De Guzman mengungkapkan, kunci sukses dari Elevenia dalam waktu singkat bisa berbicara banyak di kancah e-commerce nasional karena bisa mengamankan big partner sebelum peluncuran.

“Anda coba lihat, portal mana yang bisa ketika peluncuran langsung punya lima ribu seller dan banyak nama-nama besar (big partner). Ini memang salah satu keuntungan punya pemegang saham yang sudah dikenal di publik,” katanya.

Ditambahkannya, kunci sukses lainnya adalah kala pertama hadir di pasar, Elevenia langsung didukung platform yang komplit baik desktop dan mobile. “Dalam promosi pun kita tidak main kucing-kucingan, semua terbuka dan pegang komitmen,”jelasnya.

Target
Sementara Junsung mengungkapkan pada 2015 perseroan mencanangkan target operasional lima kali lipat dibandingkan 2014. (baca juga: Kinerja elevenia di 2014)

Amunisi yang digelontorkan XL dan SK Planet akan dioptimalkan oleh pasukan James. “Kami akan lebih banyak berinvestasi terutama di aktifitas pemasaran, meningkatkan respons pelanggan, mengembangkan platform, memberikan fungsi yang lebih banyak seperti dual languange dan ragam metode pembayaran,” jelasnya.

Chief Financial Officer Elevenia Lila Nirmandari menambahkan, perseroan akan fokus meningkatkan daya tarik bagi pelanggan agar mau bertransaksi di portalnya. “Kita memang akan lebih banyak investasi untuk menarik orang datang dan berbelanja,” katanya.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year