telkomsel halo

Menjaga Merek di Dunia Maya

16:48:38 | 18 Jan 2015
Menjaga Merek di Dunia Maya
Ilustrasi (dok)
Pada tahun 2014 diperkirakan jumlah pengguna internet di Indonesia sudah menembus angka 83,6 juta atau sekitar 33% dari total populasi. Di tahun 2015, diprediksi akan meningkat menjadi 93,4 juta atau sekitar 36,5 juta pengguna.

Terus naiknya jumlah pengguna internet menjadikan berbisnis memanfaatkan saluran online sebagai salah satu pilihan. Salah satu yang harus diperhatikan di era serba online ini tentu menjaga aset tak diserobot oleh pesaing.

Aset yang paling penting dijaga adalah nama domain dari merek yang diusung. Apalagi, di dunia maya sangat dikenal filosofi tiga klik dimana pemilik merek harus berusaha masuk dalam urutan tiga besar yang diklik setiap pengguna kala membuka sebuah browser.

Lalai menjaga aset, jangan salahkan orang mengambilnya di dunia maya. Setidaknya inilah pelajaran yang dapat dipetik dari kasus  Warga Surabaya bernama Benny Muliawan  yang menerima surat somasi dari pengacara yang mengatasnamakan perusahaan otomotif BMW karena nama domain internet bmw.id.  Pengacara BMW meminta agar domain internet tersebut diserahkan kepada perusahaan otomotif asal Jerman itu.

Dalam kasus ini terlihat pihak BMW seperti lupa menjaga merek. Hal ini diperkuat dengan cerita Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang menyatakan  Benny mendapatkan domain bmw.id saat periode Sunrise (periode pertama) pendaftaran domain .id oleh Pandi. Periode ini dibuka pada 20 Februari sampai 17 April 2014.

Pada periode ini, Pandi memberi kesempatan pada perusahaan atau individu yang ingin membeli domain internet .id sesuai merek dagang yang dimiliki.

Dalam kasus bmw.id, Pandi menilai secara administrasi Benny memiliki hak memakai domain itu karena telah memenuhi syarat pendaftaran domain tingkat tinggi .id. Pandi memberikan domain bmw.id kepada Benny karena ia telah mendaftarkan merek BMW sejak 2012 di Dirjen HaKI, Kementerian Hukum dan HAM.Hal yang disayangkan adalah  perusahaan otomotif sekelas BMW yang tidak mengikuti periode Sunrise, padahal periode itu digelar selama 3 bulan

Bisa jadi, perusahaan otomotif ini berfikir  cukup menggunakan domain bmw.co.id sebagai situs perusahaan dan informasi produk di Indonesia. Domain ini terdaftar sejak 20 Juli 2001 dengan nama registran Domain Manager, Bayerische Motoren Werke AG, di Munich, Jerman.

Entahlah, hal yang pasti ini adalah pelajaran bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan asetnya di dunia maya mengingat membangun merek bukan perkara mudah dan membutuhkan investasi besar.

@IndoTelko

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year