telkomsel halo

Archipelago Investment Kuasai Saham Elang Mahkota

11:57:48 | 06 Jan 2015
Archipelago Investment Kuasai Saham Elang Mahkota
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Perusahaan asal Singapura, Archipelago Investment Pte. Ltd. membeli saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) senilai Rp 2,49 triliun.

Sekretaris Perusahaan Elang Mahkota Monika Krisnamurti dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), (5/1), mengungkapkan trannsaksi dilakukan pada 29 Desember 2014 dengan jumlah saham yang dibeli mencapai 455 juta unit atau mewakili 8,07% dari total saham dikeluarkan dan disetor perseroan. Harga pembelian per saham Rp 5.490, sehingga nilai transaksi mencapai Rp 2,49 triliun. "Transaksi dilakukan untuk tujuan investasi," jelasnya.

Sebelumnya, PT Adikarsa Sarana melakukan pembelian saham dengan kode  EMTK sebanyak 479,46 juta unt dengan harga pembelian Rp 4.800. Sehingga nilai transaksi yang dilakukan pada 24 Desember 2014 itu mencapai Rp 2,3 triliun. Tujuan pembelian saham tersebut juga adalah untuk investasi.  

Seperti diketahui, dalam aturan baru pencatatan saham nomor I-A angka V-I dan V.2, emiten wajib memenuhi free float minimal 50 juta saham dan minimal 7,5% dari jumlah saham dalam modal ditempatkan dan disetor. Penyebaran jumlah saham juga diatur minimal 300 pemegang saham yang memiliki rekening efek di Anggota Bursa (AB).

Elang Mahkota sepertinya tengah berupaya memenuhi aturan baru BEI tentang pencatatan saham  itu.

Sebelumnya, anak usaha Elang Mahkota, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), juga tengah berupaya untuk memperbesar free float. Belum lama ini, SCMA mencatatkan crossing saham senilai Rp 2,5 triliun di pasar negosiasi. Transaksi itu melibatkan 714 juta saham di harga Rp 3.500 per saham.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year