telkomsel halo

Setumpuk Persoalan, Sejuta Harapan

16:22:53 | 14 Dec 2014
Setumpuk Persoalan, Sejuta Harapan
Suasana HUT IndoTelko Forum ke-3 (dok)
Peringatan HUT IndoTelko Forum dan portal IndoTelko.com pada tahun ini terasa berbeda.

Memasuki usainya yang ketiga, IndoTelko menghadirkan Talk Show yang berisikan Menkominfo Rudiantara sebagai narasumber utama. Selain itu ada juga President Director XL Axiata Hasnul Suhaimi, CIO Indosat Herfini Harjono, PLT Dirut Telkom Indra Utoyo, dan CEO Aora TV Guntur S Siboro yang menjadi pembicara.

Talk show yang mengambil tema "Menyongsong Era Baru Industri ICT Indonesia Bersama kabinet Kerja" pada Kamis (11/12) lalu berjalan sangat santai dan Rudiantara ternyata tak berubah sama sekali walau sudah menjadi pejabat negara.

Sederhana, cepat, dan tangkas masih melekat di keseharian Pria yang akrab disapa Chief RA ini.

Sikap RA yang tak berubah itu menjadikan para pelaku usaha di sektor Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang mengikuti talk show menjadi tak canggung membuka masalah yang dihadapinya selama ini.

Pemain dari operator telkomunikasi mengeluhkan masalah keterbatasan sumber daya alam frekuensi, regulasi yang belum  mendukung model bisnis, hubungan dengan Over The Top  (OTT), hingga ide berkontribusi dalam Indonesia Broadband Plan.

Di sektor penyiaran juga terungkap masalah ruwetnya perizinan serta tumpang tindihnya lisensi serta tantangan menghadapi ketersediaan konten yang rawan pembajakan.

Rudiantara yang dulunya juga pelaku usaha memahami masalah yang dihadapi industri dan mencoba memberikan terobosan. RA menjanjikan mengurangi regulatory charge agar beban operasional pelaku usaha tak berat, bahkan untuk menghadapi konsolidasi antar pemain akan disiapkan aturan soal merger dan akuisisi.

Mantan Komisaris Indosat ini juga menawarkan dirinya sebagai mediator bagi operator dan OTT global dalam mengatasi ruwetnya mencari skema kerjasama yang ideal agar terjadi win-win solution.

“Use Me. Saya ada disini untuk Anda. Jangan suka ributnya di media atau tataran wacana. Kita siapkan data, mari kita temui mereka,” kata RA menanggapi ruwetnya operator menghadapi OTT.

Sebuah semangat yang luar biasa dari seorang pejabat negara dimana menunjukkan dirinya ingin melayani bukan dilayani.

Semoga sikap ini terus dipertahankan Chief RA dan dalam waktu 100 hari sudah ada aksi kongkrit yang dirasakan pemangku kepentingan di sektor TIK nasional.

@IndoTelko

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year