telkomsel halo

Solusi Tunas Pratama Sedot Dana Right Issue

10:01:31 | 09 Okt 2013
Solusi Tunas Pratama Sedot Dana Right Issue
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR)  telah menghabiskan dana hasil Penawaran Umum Terbatas I (PUT I/Right Issue) yang telah dilakukan pada tanggal 8 Agustus 2012 lalu.

Direktur Keuangan Solusi Tunas Pratama Juliawati Gunawan dalam Keterbukaan Informasinya ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Oktober 2013 menyatakan   dana hasil Right Issue tersebut telah dipergunakan sesuai dengan rencana Perseroan dalam prospektus.

Perseroan telah memperoleh dana segar dari hasil Right Issue sebesar Rp 648 miliar. Setelah dipotong biaya penawaran umum dan lain sebagainya, maka Perseroan berhasil mengantongi hasil bersih sebesar Rp 644,09 miliar.

Penyedia menara ini   telah menggunakan sekitar 39,2% dari dana hasil Right Issue tersebut untuk pembelian menara telekomunikasi. Ringciannya, pembelian aset sejumlah 176 menara BTS, 185 Shelter, aset-aset dan perangkat-perangkat penunjang infrastruktur Jaringan Fiber Optic dengan total dana yang dikeluarkan sebesar Rp 169,1 miliar.

Perseroan  juga telah mengeluarkan dana sebesar Rp 83,5 miliar untuk pembelian aset sejumlah 60 menara BTS.Sekitar 50% dari dana hasil Right Issue tersebut juga telah dialokasikan untuk ekspansi usaha terkait dengan penambahan menara atau sites telekomunikasi.Adapun sisanya sekitar 10,8%, telah dipakai untuk modal kerja Perseroan antara lain beban pemasaran, umum dan administrasi dan beban operasional lainnya.

Solusi Tunas Pratama adalah salah satu penyedia menara yang kabarnya ikut memburu 49% saham anak usaha Telkom, Mitratel, bersama Tower Bersama dan Sarana Menara. Hingga sekarang Telkom belum memutuskan mitra yang akan digandeng membesarkan Mitratel.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year