Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Solusi Tunas Pratama uji coba drone untuk monitoring menara telekomunikasi

11:51:00 | 27 Mar 2019
Solusi Tunas Pratama uji coba drone untuk monitoring menara telekomunikasi
ilustrasi
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
TOKYO (IndoTelko) - PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) tengah melakukan uji coba pemanfaatan solusi docomo sky dari NTT DOCOMO untuk memonitoring menara telekomunikasi yang dikelolanya.

Solusi dari docomo sky akan memotret kondisi dari base stations (BTS) dan menara secara real time untuk dipantau melalui command center. Rencananya pemanfaatan docomo sky untuk seluruh lokasi yang dikelola Solusi Tunas Pratama akan dimulaipada pertengahan pertama tahun 2019.

Dalam rilis yang dikeluarkan NTT DOCOMO (27/3) dinyatakan solusi berbasis drone itu telah diadopsi oleh operator itu di seluruh jaringannya di Jepang.  

Untuk pengujian, DOCOMO akan menyediakan platform berbasis cloud untuk dukungan operasional dan analisis data. Drone terbang secara otomatis, mengambil foto dan mengirimkan gambar melalui platform secara real time, memungkinkan teknisi untuk memeriksa menara melalui browser web docomo sky.

Telkom Marketing 2
Layanan baru ini akan memungkinkan inspeksi jarak jauh dilakukan lebih cepat dan aman daripada saat ini, tanpa harus mengirim teknisi untuk memanjat menara.

Selain itu, layanan ini diharapkan dapat mendukung upaya mempercepat prosedur untuk memeriksa dan memulihkan fasilitas telekomunikasi di Indonesia setiap kali terjadi bencana alam.

Angkasa Pura 2
Asal tahu saja, Solusi Tunas Pratama salah satu penyedia menara telekomunikasi terbesar di Indonesia. Pertengahan 2018 lalu diperkirakan Solusi Tunas Pratama memiliki 6.333 menara dan 562 microcell pole dengan 11.774 penyewaan. Selain itu perseroan juga memiliki kabel optik sepanjang 2.847 Km dan 38 lokasi indoor DAS.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma