telkomsel halo

Peringkat CC dari Smartfren Stabil

08:49:30 | 08 Okt 2013
Peringkat CC dari Smartfren Stabil
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Lembaga pemeringkat Fitch Ratings masih menyematkan peringkat CC (idn) ke  PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren).

Fitch juga menegaskan bahwa peringkat nasional dari obligasi sejumlah Rp 603 miliar juga CC(idn). Obligasi tersebut semula berjumlah Rp 675 miliar dan diterbitkan pada 2007 oleh PT Mobile-8 Telecom Tbk.

Menurut Analis Fitch Olly Prayudi peringkat itu dipengaruhi oleh lemahnya arus kas yang dihasilkan. Smartfren tidak menghasilkan keuntungan pada level EBITDA sejak tahun 2008 karena menurunnya jumlah pelanggan sampai tahun 2010 dan naiknya biaya operasional.

Namun, kerugian yang dihasilkan telah mengecil menjadi Rp 500 miliar   pada 2012 dari Rp 1,1 triliun  pada 2011 karena berkembangnya pelanggan dari segmen data walaupun Smartfren berharap akan menghasilkan keuntungan pada 2014.

"Fitch berpendapat bahwa perusahaan masih tidak akan menghasilkan arus kas yang cukup untuk memenuhi kewajibannya. Belum lagi sumber dana untuk memenuhi kewajiban di tahun 2014 dan 2015 belum jelas karena perusahaan masih mempertimbangkan pilihan sumber pendanaan,” jelasnya, pekan lalu.

Selain itu, untuk memenuhi kewajibannya, Smartfren membutuhkan tambahan dana yang berhubungan dengan ekuitas, seperti rights issue dan obligasi wajib konversi.
 
Namun, volatilitas dari nilai ekuitas dan ketidakpastian dari diterimanya kas, peringkat dari perusahaan tidak mencerminkan tambahan dana yang berhubungan dengan ekuitas di masa yang akan datang.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year