telkomsel halo

Pasar Bergejolak, Global Mediacom Rencanakan Buyback

10:01:37 | 02 Sep 2013
Pasar Bergejolak, Global Mediacom Rencanakan Buyback
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Global Mediacom Tbk (BMTR) berencana melakukan pembelian kembali saham (buyback) karena kondisi pasar yang tengah fluktuatif.

Perseroan dalam keterbukaan informasinya ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 29 Agustus 2013 menyatakan telah menunjuk MNC Securities sebagai perantara pedagang efek atas rencana buyback tersebut.

Dikatakan perseroan berencana untuk menyimpan saham yang telah di-buyback sebagai trasury stock.

Meskipun demikian, dengan tetap memperhatikan ketentua peraturan perundangan yang berlaku perseroan dapat menggunakan trasury stock untuk hal-hal lain yang mungkin diperlukan seperti dijual kembali setelah kondisi pasar membaik dengan harga terbaik..

Berikutnya, pembiayan dalam bentuk hutang yang bersifat ekuitas seperti obligasi tukar atau  alat tukar untuk investasi perseroan dimasa yang akan datang.

Saham dengan kode BMTR ini pada perdagangan Senin (2/9) dibuka di Rp 1.750 per lembar.

Sekadar diketahui, guna mengurangi dampak pasar yang berfluktuasi secara signifikan serta memberikan kemudahan bagi emiten atau Perusahaan Publik dalam melakukan pembelian kembali sahamnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 23 Agustus 2013 menerbitkan Peraturan OJK Nomor 02/POJK.04/2013 tentang Pembelian Kembali Saham Yang Dikeluarkan oleh Emiten atau Perusahaan Publik dalam Kondisi Pasar yang Berfluktuasi secara Signifikan.

Kondisi pasar dianggap berfluktuasi secara signifikan jika IHSG selama 3 hari bursa berturut-turut secara kumulatif turun 15% atau lebih, atau kondisi lain yang ditetapkan OJK.Dalam kondisi tersebut, perusahaan dapat membeli kembali sahamnya sampai batas maksimal 20% dari modal disetor tanpa persetujuan RUPS.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year