telkomsel halo

OJK susun peta jalan fintech P2P lending

03:45:00 | 16 Okt 2023
OJK susun peta jalan fintech P2P lending
JAKARTA (IndoTelko) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyusun peta jalan atau roadmap untuk sektor industri fintech p2p lending.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) Agusman menyampaikan, peta jalan fintech p2p lending sesuai dengan amanat dari Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK).

“OJK sedang menyusun roadmap industri fintech p2p lending, dimana OJK fokus pada 5 lima strategi, dan masing-masing strategi tersebut dijabarkan dalam program kerja dan juga memiliki end state di setiap strateginya,” ungkap Agusman.

Peta jalan atau roadmap tersebut ditujukan mendorong industri fintech p2p lending agar lebih efektif dan inklusif dalam penyaluran pinjaman/pembiayaan ke pelaku usaha, khususnya segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Adapun lima strategi yang dimaksud OJK juga untuk mewujudkan fintech p2p lending yang sehat, berintegritas, dan berorientasi pada inklusi keuangan dan perlindungan konsumen serta berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi nasional. Jika diurai, strategi pertama adalah penguatan permodalan, tata kelola, dan manajemen risiko.

“End state (untuk strategi itu), terbentuknya industri fintech p2p lending yang memiliki permodalan sesuai ketentuan serta tata kelola, manajemen risiko dan SDM yang handal,” jelas Agusman.

Strategi kedua, yaitu penguatan pengaturan, pengawasan, dan perizinan. Di masa mendatang, strategi ini diharapkan dapat meningkatnya efektivitas pengaturan, pengawasan, dan perizinan untuk mendukung fintech p2p lending yang sehat, berintegritas, dan inklusif.

Strategi ketiga yaitu penguatan perlindungan konsumen, sehingga diharapkan terjadi perlindungan konsumen yang lebih memadai di masa mendatang. Untuk strategi keempat, pengembangan elemen ekosistem, agar juga ikut mendukung pengembangan dan penguatan fintech p2p lending.

Adapun pada strategi kelima, roadmap membahas pengembangan infrastruktur data dan sistem informasi. Targetnya, industri fintech p2p lending punya infrastruktur dan sistem informasi yang mendukung pengembangan dan penguatan industri di masa mendatang.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year