telkomsel halo

Olsera dan AstraPay pacu digitalisasi UMKM

07:39:37 | 11 Sep 2023
Olsera dan AstraPay pacu digitalisasi UMKM
JAKARTA (IndoTelko) - Olsera, perusahaan teknologi yang menyediakan sistem manajemen bisnis all-in-one bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), bersama dengan AstraPay, aplikasi pembayaran digital milik Grup Astra, mengumumkan kemitraan strategis untuk percepatan digitalisasi UMKM dan mendorong inklusi finansial di Indonesia.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan diluncurkannya sistem manajemen bisnis all-in-one Olsera yang terintegrasi dengan sistem pembayaran AstraPay bagi para merchant yang berada di ZEST Foodcourt, Menara Astra.

Kedepannya, kolaborasi ini akan terus berjalan untuk mengakselerasi pertumbuhan para mitra UMKM yang berada di dalam ekosistem Olsera dan AstraPay, seiring dengan pesatnya potensi pertumbuhan ekonomi digital. Saat ini, sebanyak 13 merchant yang berada di ZEST Foodcourt telah menggunakan sistem Olsera dan AstraPay, melayani lebih dari 750 pengunjung per harinya.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan AstraPay melalui kemitraan strategis ini, yang juga menegaskan komitmen kami dalam mempercepat digitalisasi UMKM di Indonesia. Digitalisasi menjadi kunci penting dalam memperkuat dan mempercepat pertumbuhan UMKM, khususnya untuk bertahan di tengah persaingan yang ketat di era digital ini. Kolaborasi ini akan terus dikembangkan bagi seluruh UMKM yang berada dalam ekosistem kami maupun AstraPay, baik dalam hal pengintegrasian sistem manajemen bisnis maupun pembayaran digital mereka,” kata Co-founder dan Chief Executive Officer Olsera Novendy Chen.

Chief Executive Officer AstraPay Rina Apriana melihat kemitraan strategis dengan Olsera sebagai sebuah hal yang selaras dengan upaya kami dalam mendukung para pengusaha UMKM Indonesia untuk bertransformasi melakukan pembayaran secara digital dan mendorong inklusi keuangan di Indonesia. “Kami menyediakan pengalaman bertransaksi digital yang mudah dan nyaman. Lewat kolaborasi ini, layanan kami yang terintegrasi dengan sistem Olsera tentunya akan sangat membantu operasional bisnis para UMKM yang berada dalam ekosistem kami,” katanya.

Head of Asset Management & Corporate Communications Astra Property Demmy Indranugroho sangat antusias dapat menjadi awal dari kolaborasi Olsera dan AstraPay.

“Sebagai bagian dari grup Astra, inovasi digitalisasi merupakan hal yang selalu kami adaptasi di setiap proyek, tak terkecuali bagi sistem pembayaran di ZEST Foodcourt Menara Astra. Maka dari itu, sistem yang disediakan oleh Olsera dan AstraPay bagi para merchant kami tentunya menjadi sebuah inovasi yang memberikan added value bagi mereka, khususnya terhadap pengelolaan sistem manajemen bisnis mereka serta memberikan kemudahan bertransaksi bagi pelanggan melalui proses pembayaran yang simple,” katanya.

Ekosistem manajemen bisnis end-to-end Olsera menawarkan serangkaian fitur komprehensif bagi UMKM. Berawal dari sistem POS, Olsera saat ini merupakan sistem manajemen bisnis end-to-end yang memudahkan UMKM untuk berjualan di outlet maupun secara online, mengatur operasional, mencatat laba rugi dan neraca usaha, mendapatkan dukungan untuk dana usaha, hingga memenuhi kebutuhan bahan baku dan mendapatkan konsultasi bisnis.

Selain itu, sistem Online Order Osera tidak hanya mencakup integrasi dengan marketplaces dan food hailing ternama, namun juga memungkinkan mitra untuk mengaktifkan pemesanan online di toko/ restoran seperti Dine In, Self-Order, sekaligus menjangkau para calon pelanggan baru melalui link order, website hingga aplikasi brand mereka yang mendukung delivery order, take-away dan reservasi. Hingga saat ini, Olsera telah menjangkau 500+ kota di Indonesia, melayani lebih dari 18.000+ merchant berbayar dan 11.000+ merek dari berbagai lini usaha.

Di sisi lain, AstraPay memberikan berbagai kemudahan untuk penggunanya dalam melakukan pembayaran melalui banyak fiturnya yang bisa dirasakan saat menggunakan AstraPay, dimulai dari aplikasinya yang simple dan user-friendly sehingga mudah digunakan, serta transaksi digital yang aman.

Saat ini, AstraPay telah memiliki 10,8 juta pengguna hingga Agustus 2023 dan telah bekerja sama dengan lebih dari 20.000 merchant di seluruh Indonesia. AstraPay terus mendorong kerja sama dengan UMKM mulai dari pembayaran tagihan, pembelian berbagai kebutuhan, seperti pulsa, token listrik, dan beragam fitur pembayaran lainnya, sebagai bagian dari digitalisasi UMKM di Indonesia.

AstraPay membukukan Gross Transaction Value atau GTV sebesar Rp 25 triliun per Juli 2023 dari keseluruhan ekosistem yang dimiliki yaitu Ekosistem Astra, Ekosistem Transportasi Umum, dan Ekosistem UMKM Kuliner.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year