telkomsel halo

Investree salurkan pembiayaan Rp1,2 triliun untuk UMKM

07:59:00 | 29 May 2023
Investree salurkan pembiayaan Rp1,2 triliun untuk UMKM
JAKARTA (IndoTelko) - Dalam rangka semangat hari kebangkitan nasional terutama di bidang teknologi-sosial-ekonomi, platform fintech lending Investree mendukung pertumbuhan pelaku UMKM yang terlibat dalam proyek pengadaan atau tender pemerintah melalui digitalisasi pembiayaan.

QqSejak 2020, Investree bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) termasuk Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dalam rangka menyalurkan pinjaman kepada para pemenang tender pemerintah di ekosistem tersebut.

Penyaluran pembiayaan ini merupakan bentuk dukungan Investree terhadap fokus Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023, yaitu peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Dikatakan Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi, Investree berupaya memberikan kontribusi signifikan terhadap cara pemerintah melakukan pengadaan barang dan jasa. “Dalam hal ini, kami menghadirkan akses pembiayaan berbasis digital bagi pelaku UMKM pemenang tender pemerintah. Ada lebih dari 170 ribu pelaku UMKM terdaftar dalam platform pengadaan seperti LPSE dan eCatalogue. Dan terdapat hampir 2 juta proyek pemerintah tersedia bagi pelaku UMKM. Pembiayaan berbasis digital dari Investree akan menjembatani kebutuhan tersebut sehingga pelaku UMKM dapat menumbuhkan bisnisnyacepat dan pesatdan pemerintah juga dapat menyelesaikan proyeknya secara optimal,” jelasnya.

Sejak 2020, Investree telah menyalurkan Rp1,2 triliun khusus untuk pembiayaan tender pemerintah. Porsi ini mencakup sekitar 10% dari total penyaluran pinjaman Investree sejak pertama kali berdiri sampai sekarang; sebesar Rp13,5 triliun. Melihat portofolio Investree, penyaluran pinjaman ini didominasi oleh penerima pinjaman UMKM dari industri perdagangan barang/jasa khususnya alat-alat kesehatan (alkes), IT dan layanan komputer, serta kreatif.

Terkait kolaborasi dengan ekosistem pengadaan elektronik, selain dengan LKPP, Investree juga sudah bekerja sama dengan beberapa rekanan atau ekosistem antara lain Mbiz, Pengadaan.com, sejumlah pemerintah daerah seperti Pemda Provinsi Jawa Barat, serta KADIN Indonesia dan HIPMI di beberapa wilayah agar lebih mudah menjangkau para pelaku UMKM yang terlibat dalam proyek pengadaan pemerintah.

Sinergi antara Investree dan LKPP sebagai salah satu lembaga pemerintahan memberikan keleluasaan bagi Investree untuk terhubung ke website e-procurement pemerintah dan menyasar para pelaku UMKM yang memenangkan tender. Integrasi tersebut tentunya memberikan manfaat bagi pelaku UMKM di antaranya mereka dapat mengajukan pinjaman secara online, cepat, dan transparan; tanpa jaminan aset tetap; dan proses verifikasi terintegrasi terhadap proyek yang diajukan pinjamannya. Manfaat tersebut dirasakan oleh beberapa Borrower dari ekosistem LKPP yang telah Investree salurkan pinjaman.

PT LNP merupakan perusahaan distributor alat kesehatan dan farmasi di Indonesia. Bersama dengan beberapa penyedia, PT LNP mendistribusikan alat-alat rumah sakit seperti tempat tidur, meja operasi, tandu darurat, dan lain sebagainya ke rumah sakit-rumah sakit daerah milik pemerintah. PT LNP telah menjadi Borrower di Investree sejak 2019.

Menurut Direktur PT LNP, Dawam, dari awal pihaknya bekerja sama dengan Investree, memang yang diincar adalah kecepatan dan digitalisasi. “Dinamika prosedur pengadaan barang dan jasa sangat cepat, sehingga harus didukung dengan proses pembiayaan yang tidak ribet, tanpa jaminan, serta berbasis teknologi. Apalagi sekarang kita harus patuh dengan peraturan tentang kewajiban membeli produk alkes dalam negeri dan bersinergi dengan para produsen dalam program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Menurut kami, peran Investree di sini memiliki multiplier effect di mana bantuan pembiayaan yang mereka salurkan tidak hanya mendorong pertumbuhan usaha kamipara Borrower dari ekosistem LKPPtapi juga para produsen alkes yang kami beli barangnya. Sehingga roda ekonomi di Indonesia dapat berputar secara sehat dan kontributif satu sama lain,” katanya.

PT IDSS yang sudah bergabung menjadi Borrower di Investree pada tahun yang sama dengan PT LNP. PT IDSS merupakan perusahaan multinasional dengan bisnis inti penjualan peralatan medis berteknologi tinggi dan menyalurkan barang-barangnya ke rumah sakit kelas A dan B di berbagai wilayah di Indonesia.

Dikatakan Finance Manager PT IDSS, Lutgardis, pada tahun ini, pihaknya memiliki rencana realisasi pengadaan ruang operasi MOT atau Modular Operating Theatre atau sistem ruang operasi terintegrasi dalam satu kontrol panel di rumah sakit-rumah sakit kelas A dan B. “Terkait itu, kami sangat membutuhkan dukungan pembiayaan melalui Investree karena untuk satu proyeknya, nilainya cukup besar. Durasi pengerjaannya juga pendek180 harisehingga kami menuntut adanya proses pembiayaan mudah dan cepat. Selama beberapa tahun ke belakang, kami mengandalkan Investree untuk hal itu sekaligus menyehatkan cashflow perusahaan. Segala informasi yang dibutuhkan oleh Investree untuk validasi PT IDSS dapat diakses sendiri melalui laman eCatalogue, begitu pula sebaliknya. Jika kami membutuhkan informasi tertentu, dapat dengan mudah kami akses pada laman Dasbor Borrower atau berkomunikasi langsung dengan Relationship Manager yang responsif,” jelasnya.

Sementara, Chief Sales Officer Investree, Salman Baharuddin menambahkan, menurutnya apa yang diutarakan oleh (perwakilan dari) PT LNP dan PT IDSS sejalan dengan komitmen Investree dalam menyediakan dukungan pembiayaan bagi pelaku UMKM pemenang tender pemerintah yang lebih efisien dan sederhana. Atau dengan kata lain, streamlined. “Karena basis bisnis kami tak hanya finansial tapi juga teknologi, tentunya kami ingin para Borrower dapat benar-benar merasakan digitalisasi yang kami lakukan pada setiap proses mulai dari pengajuan, asesmen, persetujuan, hingga pencairan pinjaman,” katanya.

Setelah tahun lalu Investree Group resmi mengakuisisi saham minoritas yang signifikan sebesar 18,4% di PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), keduanya kini mengembangkan produk dan layanan serta melakukan perluasan akses pembiayaan kepada pelaku UMKM.

Ditambahkan Dawam, sebagai pelaku usaha yang memperoleh pembiayaan dari Investree, kami harap sinergi Investree dan Amar Bank selaku partner semakin baik ke depannya. “Karena tantangan terbesar yang dihadapi oleh PT LNP dan rekan-rekan sejawat kami adalah perihal pembiayaan, tentunya peningkatan kerja sama sangat diperlukan supaya rekan-rekan kami yang ingin mengakses pembiayaan melalui Investree dapat merasakan manfaatnya secara maksimal,” katanya.

Sedangkan, Adrian menambahkan, ia optimistis dapat berkontribusi lebih besar dan pesat kepada lebih banyak pelaku UMKM, khususnya para pemenang tender pemerintah, melalui perluasan penyaluran pinjaman dengan Amar Bank. “Pada dasarnya semangat kami sama: membangkitkan kinerja bisnis teman-teman pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian negara dan membuat mereka tangguh menghadapi beragam tantangan,” ujarnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year