telkomsel halo

Wagely bantu perusahaan dengan program benefit karyawan

04:34:24 | 23 May 2022
Wagely bantu perusahaan dengan program benefit karyawan
JAKARTA (IndoTelko) - Bagi perusahaan-perusahaan, periode masa pendemi terutama 2 tahun terakhir adalah masa yang cukup berat. Dalam survei Mercer menemukan bahwa sebagian besar perusahaan di Asia Tenggara termasuk Indonesia mengalami tingkat perputaran karyawan yang lebih tinggi, terutama pada tingkat karir menengah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.  Tercatat 55% perusahaan menyatakan ketidakpuasan karyawan terhadap gaji sebagai penyebab utama, diikuti oleh kemampuan karyawan untuk mendapatkan benefit yang lebih baik di perusahaan lain sebesar 46%. 
 
Selain itu,  perusahaan di Indonesia cenderung mengalami perputaran karyawan pada minggu-minggu setelah liburan Idul Fitri, dan sebuah studi dari LinkedIn yang dirilis sebelum pandemi menunjukkan bahwa 1 dari 10 karyawan Indonesia berganti pekerjaan setelah Hari Raya Idul Fitri. Fenomena ini menjadi sebuah tantangan yang cukup berat bagi perusahaan untuk mempertahankan karyawan mereka. 
 
Menurut CEO wagely, Tobias Fischer, selama pandemi, pihaknya telah melakukan yang terbaik untuk mendukung perusahaan dengan mencoba membantu mengatasi beberapa masalah terbesar mereka termasuk tingkat perputaran dan retensi karyawan. "Solusi benefit karyawan kami memperkuat ikatan antara perusahaan dan karyawan mereka, sehingga hasilnya karyawan bertahan lebih lama, lebih terlibat, dan lebih puas dengan pekerjaan mereka,” ujarnya.
 
Meski begitu, program tersebut masih jauh dari yang diharapkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja saat ini. Karyawan tahu apa yang mereka harapkan dari tempat kerja mereka, tetapi masih banyak perusahaan yang terus menawarkan benefit tradisional alih-alih memenuhi kebutuhan mereka. Ini yang membuat perusahaan tidak hanya kehilangan talenta terbaik dengan tidak memberikan benefit yang tepat, tetapi karyawan juga menjadi semakin tidak termotivasi dan tidak bahagia dalam melakukan pekerjaan.
 
“Di saat kami bekerja dengan para pemimpin HR dari banyak perusahaan besar yang mempekerjakan ribuan pekerja, kami menemukan bahwa teknologi EWA kami secara signifikan mengurangi tingkat perputaran karyawan, meningkatkan produktivitas, serta memiliki dampak dalam menarik dan merekrut talenta hebat. Selain itu, kami juga membantu karyawan mereka menghindari pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi, sekaligus membantu perusahaan mengurangi kasbon sehingga arus kas meningkat dan beban administrasi bisnis berkurang,” jelas Bias.
 
Seperti halnya mitra wagely yang telah menerima dampak positif dari menyediakan benefit ini adalah Mustika Ratu yang juga merupakan pemenang Indonesia HR Awards 2021. Pendaftaran ke aplikasi wagely telah berhasil dicapai oleh Mustika Ratu sebesar 100% disertai dengan 98% pemanfaatan aplikasi. Lebih lanjut, implementasi wagely sebagai program benefit turut berkontribusi dalam mengurangi perputaran karyawan. 
 
“Di Mustika Ratu, kami selalu mencari cara untuk membuat karyawan kami bahagia, dan bermitra dengan wagely adalah salah satunya. Kami telah melihat penurunan dalam perputaran karyawan dan peningkatan produktivitas selama kemitraan terjalin. Ada juga peningkatan dalam jumlah lamaran pekerjaan, karena kami menyebutkan di iklan lowongan bahwa kami menawarkan program benefit EWA, yang ternyata menghasilkan peningkatan besar dalam jumlah lamaran yang kami terima,” ujar Jodi Andrea Suryokusumo, CFO Mustika Ratu yang juga bertanggung jawab untuk mengelola divisi HR.  (ak)
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year