Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya
Ngebut Internetnya Banyak Bonusnya

Gandeng Ottopay, Ditjen Pajak ubah CBB Mart jadi toko digital

07:00:00 | 13 Feb 2022
Gandeng Ottopay, Ditjen Pajak ubah CBB Mart jadi toko digital
kiri ke kanan: Bpk. Peni Hirjanto (Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak), Ibu Grace Sunarjo (Direktur PT RTSM), Bpk. Indra Marsudi (Direktur PT CBB Sinar Utama), dan Bpk. Reginald Hamdani (Perwakilan OttoDigital).
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) -- Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dengan kantor satuan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia telah melengkapi fasilitas perkantorannya dengan menyediakan toko yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Toko yang dinamai CBB Mart ini khusus melayani pegawai DJP yang tergabung ke dalam Perkumpulan Cakti Buddhi Bhakti (CBB). 

Setelah berjalan secara konvensional, kini CBB Mart melakukan inovasi digital untuk memberikan manfaat yang lebih baik lagi bagi para anggotanya. Digitalisasi CBB Mart yang digagas oleh Pimpinan Perkumpulan CBB Direktorat Jenderal Pajak dilakukan dengan menggandeng OttoPay, sebuah aplikasi dagang milik PT Reksa Transaksi Sukses Makmur. 
Dengan kerja sama antara CBB Mart dan OttoPay, transaksi berbelanja pada CBB Mart kini terintegrasi langsung dengan fitur pemesanan barang dan pembayaran di dalam ekosistem OttoPay. Komitmen kerja sama kedua belah pihak ini telah disepakati pada 21 Januari 2022 di kantor Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta.

"Pengalaman OttoPay dalam mengembangkan ekosistem dagang secara digital dan sejak tahun 2018 dan jangkauan kemitraan yang sudah mencakup 15 provinsi adalah dua hal utama yang memungkinkan terjalinnya kerja sama ini, sehingga dapat memberikan akses belanja digital kepada anggota perkumpulan CBB yang berada di kantor-kantor satuan kerja DJP di  Indonesia. Dengan kerja sama ini, kami berharap pegawai DJP bisa mendapatkan berbagai manfaat dan memiliki pengalaman bertransaksi digital yang nyaman,” tutur Grace Sunarjo, Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur. 

Fasilitas CBB Mart disediakan oleh perkumpulan CBB bagi pegawainya yang tergabung dalam paguyuban pegawai Cakti Buddhi Bhakti (CBB) agar dapat dimanfaatkan untuk berbelanja kebutuhan bulanan dan sehari-hari. Selama ini, aktivitas CBB Mart dilaksanakan secara konvensional, namun dengan berbagai dinamika yang berlangsung, cara ini dianggap tidak lagi efektif sehingga memerlukan inovasi digital sebagai solusinya. Dinamika ini datang, baik dari sisi anggota CBB maupun dari operasional CBB Mart sendiri. Ikatan dinas luar kota adalah salah satunya, karena selama ikatan dinas luar kota berjalan, anggota CBB tetap harus memenuhi kebutuhan keluarganya di daerah asal. 

Sementara dari sudut pandang CBB Mart, sistem konvensional sering terkendala dalam penyediaan stok barang, sehingga tidak dapat selalu memenuhi permintaan. Oleh karena itu, digitalisasi CBB Mart yang bekerja sama dengan OttoPay sebagai penyedia sistem belanja dan transaksi digital menjadi solusinya. 

Bakti
Dengan integrasi OttoPay ke dalam sistem digital CBB Mart, kini kedua masalah tadi dapat terjawab sekaligus. Anggota CBB yang bekerja di luar kota tetap dapat berbelanja dan mengirimkannya ke Kantor Satuan Kerja di kota asal. Kendala penyediaan barang pada gudang CBB Mart sendiri juga menjadi lebih lancar karena terhubung dengan fitur OttoGrosir yang merupakan manajemen rantai penyediaan barang milik OttoPay. 

telkom sigma
Hingga saat ini, integrasi OttoPay dengan CBB Mart telah melayani 61 satuan kerja yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, dan Palembang. Sampai dengan akhir Februari 2022, OttoPay menargetkan akan memperluas jangkauan kemitraan dengan CBB Mart ke kantor-kantor cabang OttoGrosir yang tersebar di sembilan kota lainnya seperti Bekasi, Bandung, Sukabumi, Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Medan, serta melayani semua anggota perkumpulan CBB yang berada di 168 satuan kerja.  (SAR)

Artikel Terkait
Telkom DES
More Stories
Indonesia Digital Network