telkomsel halo

Jakarta dianggap kota yang ramah untuk startup

05:39:56 | 14 Apr 2021
Jakarta dianggap kota yang ramah untuk startup
JAKARTA (IndoTelko) - enpact meluncurkan empower magazine yang berisi research-based review tentang index keramahan startup atau startup friendliness index (SFI) di kota-kota di Asia. Laporan empower ini diluncurkan pertama kali pada 31 Maret 2021.

empower mengulas tingkat SFI di berbagai kota di dunia dan diproduksi oleh enpact bekerjasama dengan Departemen Senat Berlin dan agensi komunikasi global Redhill Communications. Laporan tersebut menyoroti tren inovasi, serta melacak dan menilai tren ekosistem startup Asia.

Singapura, Jakarta, dan Bengaluru (India) dipilih sebagai fokus utama pada edisi pertama ini karena statusnya sebagai salah satu pusat inovasi yang paling berkembang di kawasan Asia.

Metode pengukuran SFI terbagi menjadi enam domain vital yang mendorong kewirausahaan, yaitu sumber daya manusia, kemampuan finansial, infrastruktur, startup scene, kondisi pasar, dan keadaan ekonomi makro; yang kemudian dibagi lagi dalam 17 sub domain. Kota dengan performa terbaik di setiap kategori tersebut akan diberikan score tertinggi 100 meliputi faktor-faktor yang paling bermanfaat bagi lingkungan startup.

Sebagai pusat startup dan inovasi di Asia yang diakui secara global, Singapura memperoleh skor SFI sebesar 69,09 dan secara konsisten menempati peringkat tinggi pada berbagai domain dalam SFI, bahkan beberapa diantaranya mendapatkan skor sempurna seperti tingkat kualitas peraturan pemerintah, serta pengendalian korupsi dan penyuapan. Namun, ulasan dalam empower juga mencatat tingginya biaya hidup di Singapura, tingkat kompetisi tenaga kerja yang sangat ketat, serta sulitnya akses untuk memperoleh sumber pendanaan tahap awal menjadi tantangan terbesar startup di Singapura.

Indonesia, sebagai negara terpadat keempat di dunia dan memiliki pertumbuhan ekonomi terbesar ke-10, merupakan pusat startup yang paling berkembang pesat di Asia. Jakarta dilaporkan memiliki skor SFI 43,23, disokong oleh kekuatan utama pada infrastruktur teknologi yang maju, pasar yang besar dan murah, dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Lima startup unicorn yang ada di Indonesia semuanya berbasis di Jakarta. Sektor Fintech, khususnya, telah berkembang sebanyak 83 persen selama periode September 2019 hingga Agustus 2020. Tantangan ekosistem startup di Jakarta diantaranya tingkat polusi yang tinggi, peningkatan biaya hidup dan kepadatan penduduk yang signifikan, serta adanya kebijakan pembatasan kuota yang diberlakukan secara nasional.

Masuknya perusahaan manufaktur publik yang besar di India, mengawali evolusi Bengaluru menjadi salah satu pusat teknologi dan inovasi terdepan di negara tersebut. Dengan skor akhir SFI 48,45, Bengaluru menjadi lokasi yang menarik bagi startup karena kemudahannya dalam merekrut tenaga kerja berkualitas, berfokus pada pelatihan internal, penetrasi teknologi informasi dan komputer yang kuat, dan budaya kewirausahaan yang diterima secara luas.

Namun, Bengaluru mengalami kendala karena adanya bias dari para investor terhadap perusahaan B2b dan mengadopsi ide-ide yang lebih “aman”, serta tingkat aktivitas perdagangan yang rendah di India.

Selain analisis mendalam tentang ekosistem startup, empower juga menyajikan insight menarik dari para pemimpin startup di Singapura, Jakarta, dan Bengaluru dalam berbagai topik seperti membangun bisnis regional, kecerdasan buatan, pemberdayaan bisnis UMKM, teknologi di sektor logistik, serta keterlibatan perusahaan dan startup. Laporan juga meliputi rekomendasi bagi setiap kota yang dibagi secara mendalam dalam enam domain.

Lebih dari  60 kota di Amerika Latin, Timur Tengah, Amerika Utara, Asia, dan Afrika telah dikategorikan dibawah metrik SFI. Laporan empower edisi berikutnya direncanakan terbit pada Q3 2021 dan kemungkinan akan berfokus menganalisa beberapa kota di Mexico.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year