KoinWorks perkuat pembiayaan ke UKM sektor eCommerce

07:31:19 | 08 Jan 2021
KoinWorks perkuat pembiayaan ke UKM sektor eCommerce
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - KoinWorks akan memperkuat pembiayaan ke pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sektor eCommerce di tahun 2021.

CEO & Co Founder KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan degmen peminjam dari merchant/online seller eCommerce merupakan salah satu spesialisasi KoinP2P, dimana sekitar 70% dari 172.000 borrowers merupakan UKM Digital di segmen tersebut.

"Walaupun memang secara porsi angka penyaluran, segmen ini mengambil sekitar 15% dari total penyaluran karena nominal pinjaman yang diajukan biasanya lebih kecil dibandingkan dengan segmen kategori UKM atau bisnis skala besar, angka tersebut tentunya masih dapat membuktikan bagaimana bahkan di masa pandemi, UKM segmen e-commerce masih dapat memperoleh alternatif pendanaan yang mudah melalui pendanaan KoinBisnis di platform KoinWorks,” katanya.

Sehatnya performa UKM di segmen eCommerce ini juga dapat dilihat dari peningkatan permintaan pinjaman yang selalu tercatat naik hingga 52% setiap mendekati tanggal-tanggal perayaan atau big campaign tertentu seperti harbolnas, khususnya untuk memenuhi kebutuhan bisnis UKM seperti untuk keperluan stok barang.

Pertumbuhan transaksi juga masih terus tercatat di berbagai kategori penjualan UKM eCommerce selama masa pandemi, dengan rata-rata pertumbuhan transaksi mulai dari 12% - 53%.

“Kami percaya pembiayaan yang KoinP2P salurkan ke segmen eCommerce dan beberapa segmen pilihan lain akan memiliki performa yang positif di 2021. Karenanya untuk dapat terus memenuhi kebutuhan dari ratusan ribu merchant eCommerce peminjam KoinP2P, di tahun 2021 KoinWorks juga berencana untuk mengeratkan kerjasama dan menargetkan pertumbuhan penyaluran pinjaman kepada UKM merchant e-commerce hingga 3 kali lipat. Harapannya melalui penyaluran pendanaan tersebut, UKM Indonesia dapat lebih cepat dan leluasa dalam mengembangkan usahanya di tahun 2021 ini,” katanya.

Sebagai informasi, KoinWorks melalui KoinP2P menjalin kerjasama penyaluran pembiayaan kepada merchant/online seller dari puluhan e-commerce besar & skala yang lebih kecil di Indonesia.

KoinWorks memanfaatkan sistem credit scoring yang mengkombinasikan antara proses penilaian kredit perbankan tradisional dengan data digital footprint dari setiap calon borrowers dari seller e-commerce, untuk menghasilkan penilaian kredit yang sesuai serta menjaga kualitas pinjaman untuk didanai oleh ratusan ribu pendana retail & institusi.

telkom sigma
KoinWorks juga telah terhubung ke berbagai ekosistem UKM tempat data transaksi berasal seperti platform eCommerce, POS system, payment gateway, accounting software, logistik, dan national credit risk assessment platform untuk data penilaian kredit dari UKM calon peminjam.(ak)

Artikel Terkait