telkomsel halo

Dumi siap menjadi alternatif sumber pendanaan bagi ASN

10:40:35 | 03 Feb 2020
Dumi siap menjadi alternatif sumber pendanaan bagi ASN
JAKARTA (IndoTelko) - Aplikasi Financial Technology Duit Mikro (Dumi) siap menjadi alternatif sumber pendanaan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Dengan hadirnya Duit Mikro (Dumi), ASN akan memiliki alternatif sumber pendanaan bagi pemenuhan kebutuhan ekonomi pegawai dan secara lebih luas," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, kemarin.

Menurut Kepala BKN, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya memprioritaskan perluasan dan kemudahan akses layanan keuangan formal di seluruh lapisan masyarakat. Hal itu dinyatakan Presiden saat memimpin Rapat Terbatas (ratas) mengenai Strategi Nasional Keuangan Inklusif di Kantor Presiden. "Presiden meminta lembaga keuangan mikro, bank wakaf mikro terus diperluas agar mampu mencapai seluruh lapisan masyarakat yang tidak terjangkau oleh layanan perbankan," ujarnya.

Kepala BKN Bima Haria mengharapkan Dumi dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan ASN. "Saya berahap aplikasi ini dapat mempermudah akses para Aparatur Sipil Negara dalam mendapatkan pinjaman lunak," katanya.

Peluncuran aplikasi hasil kerja sama BKN dengan Bank Mandiri Taspen (Mantap) dan PT Fidac Inovasi Teknologi itu pada tahap awal  baru dapat diakses oleh pegawai di lingkungan BKN. "ASN BKN yang akan mengajukan pinjaman dapat mengunduh aplikasi Dumi di App Store, Android. Approval pengajuan pinjaman akan diinformasikan dalam waktu dua hari kerja kepada ASN," ujar Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono.

Aplikasi Dumi merupakan alternatif pembiayaan mikro berbasis teknologi dengan suku bunga kompetitif dan proses pencairan yang cepat. Kehadiran aplikasi ini bukan pesaing bagi  lembaga keuangan lain dan sebaliknya diharapkan dapat bersinergi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya kepada ASN, sehingga dapat memaksimalkan inklusi keuangan di Indonesia.

"Digandengnya Bank Mantap dalam peluncuran aplikasi Dumi ini karena Bank Mantap adalah anak dari 2 BUMN besar, yaitu Bank Mandiri dan PT Taspen yang fokus dalam pembayaran dan pembiayaan pensiunan untuk mensejahteran ASN, di mana hal itu sejalan dengn visi BKN," tambah Paryono.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year