Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Experian sediakan 300 juta penawaran kredit

13:09:02 | 10 Apr 2019
Experian sediakan 300 juta penawaran kredit
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Experian mengumumkan telah memberikan penawaran kredit sebanyak lebih dari 4,8 miliar kepada masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dan tak terlayani di Asia Tenggara sejak 2010. 

Secara global, jumlah itu mencapai 8 miliar. Melalui teknologi yang dimilikinya, Experian memanfaatkan data pemakaian dan perilaku pelanggan layanan telekomunikasi untuk menciptakan identitas keuangan bagi individu yang tidak memiliki profil kredit formal, dalam rangka mempercepat inklusi keuangan di Asia Tenggara dan dunia.

Asia Tenggara adalah kawasan dengan pertumbuhan tinggi dan berpenduduk lebih dari 600 juta yang hampir tiga perempatnya (73%) tidak memiliki rekening bank. Lebih dari 4,8 miliar penawaran kredit di Asia Tenggara dihasilkan melalui solusi Dynamic Airtime Advance (DAA) Experian, yang menawarkan uang muka kepada pelanggan melalui paket seluler prabayar.

Solusi ini sangat relevan untuk kawasan Asia Tenggara di mana mayoritas pelanggan telepon seluler menggunakan paket prabayar. Sebagai contoh, Indonesia, pasar telepon seluler terbesar di Asia Tenggara, yang 98,3% dari pelanggan menggunakan paket seluler prabayar. Dalam situasi seperti itu, Experian's DAA memperkenalkan pengalaman kredit pertama utama bagi seorang pelanggan. Ini membuka jalan bagi potensi layanan keuangan yang lebih luas dan lengkap bagi konsumen yang dirintis oleh analitik kuat Experian.

Managing Director Experian for South East Asia & Emerging Markets Dev Dhiman, mengatakan solusi DAA adalah contoh bagaimana Experian memanfaatkan data alternatif sebagai titik awal untuk membangun identitas keuangan bagi masyarakat yang tidak memiliki rekening bank dan yang tidak terlayani di seluruh Asia Tenggara. 

"Bersama dengan upaya kami lainnya dalam berinvestasi dan bekerja dengan pasar keuangan utama di kawasan ini seperti CekAja dan RinggitPlus, kami tetap berkomitmen terhadap kawasan ini untuk terus memberdayakan pelanggan dengan meningkatkan akses ke produk keuangan," katanya.

Telkom Marketing 2
Penawaran DAA diperluas bagi pelanggan ponsel prabayar bernilai tinggi dan berisiko rendah ketika saldo akun ponsel mereka hampir habis. Tawaran diberikan bagi pelanggan yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh profil risiko kredit mereka, perilaku top-up, waktu tayang dan penggunaan data, serta tingkat respons. Seiring waktu, layanan ini membangun profil pelanggan yang memenuhi syarat dengan memantau pemakaian serta pola perilaku mereka sehingga kemudian tercipta identitas keuangan yang lebih kuat bagi pelanggan yang memenuhi syarat.

Solusi DAA Experian telah membantu memberdayakan masyarakat saat mengalami kondisi darurat dan kesusahan. Misalnya, setelah terjadi bencana alam di pasar Asia Tenggara, Experian bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi untuk menawarkan uang muka kredit darurat kepada semua pelanggan perusahaan telekomunikasi selama tiga hari tanpa harus memenuhi syarat kelayakan. Pelanggan dapat tetap menggunakan ponsel untuk menghubungi teman dan keluarga mereka untuk mengabari tentang keselamatan dan keberadaan mereka.

Angkasa Pura 2
Dalam rangka memperluas keterlibatannya selain membangun identitas keuangan perdana pelanggan melalui DAA, Experian juga bermitra dengan MNO. Experian dan MNO  menggunakan data pemakaian dan perilaku pelanggan anonim dalam memfasilitasi pra-kualifikasi pelanggan premium bagi lembaga keuangan untuk memperpanjang masa pinjaman tunai, kartu kredit dan asuransi pelanggan.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom sigma