Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Rudiantara yakin Indonesia akan Merdeka Sinyal pada 2019

12:58:55 | 02 Apr 2019
Rudiantara yakin Indonesia akan Merdeka Sinyal pada 2019
Rudiantara.(dok)
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara optimistis pada pertengahan 2019  Indonesia akan Merdeka Sinyal lebih cepat dari target yakni 2020.

Menurutnya, sejak kemerdekaan, Indonesia belum merdeka sinyal. Hal itu disebabkan karena banyak daerah belum merasakan akses Internet cepat sebagaimana di Pulau Jawa. Namun, kondisi tersebut segera berubah dengan rampungnya Proyek Palapa Ring.  

“Kita akan merayakan 74 tahun kemerdekaan Indonesia, dari penjajahan. Tapi kita belum merdeka dari internet, nanti pertengahan tahun (2019) ini kita merdeka dengan internet kecepatan tinggi,” kata  Rudiantara seperti dikutip dari laman Kominfo (2/4). 

Diungkapkannya, Indonesia akan merdeka sinyal dan 514 pemerintahan kota maupun kabupaten di seluruh Indonesia, akan menikmatinya.  Jaringan Palapa Ring menurut Menteri Rudiantara juga akan menghubungkan sekitar 214.000 sekolah, baik di SD SMP maupun SMA/SMK, bahkan termasuk Islamic Boarding School (Pesantren atau Madrasah) serta beberapa sektor lainnya. 

“Kita harus hubungkan semua, bagaimana menghubungkan sekolah di pojok sana? (daerah terpencil), kita pasang internet menggunakan satelit. Jadi kita harus punya satelit sendiri untuk menghungkan semua sekolah, puskesmas, kantor desa, koramil, polsek dan lain sebagainya,” ucapnya.  

Telkom Marketing 2
Dijelaskannya, tidak semua bisa dihubungkan dengan Palapa Ring, karena kendala geografis seperti di Papua, terutama di kawasan pegunungan. Indonesia akan memiliki satelit sendiri pada tahun 2020. Dengan satelit itu, daerah yang sulit dibangun BTS bisa terlayani akses internet.

Asal tahu saja, Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) memiliki program “Merdeka Sinyal 2020” yang ingin menghadirkan layanan seluler ke seluruh pelosok Indonesia.

Angkasa Pura 2
BAKTI mengungkapkan masih ada sekitar wilayah Indonesia yang mengalami blank spot wilayah seluler khususnya di area terdepan, terluar dan tertinggal (3T) serta perbatasan.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
atta 300 x 250.gif
More Stories
telkom sigma