telkomsel halo

eSports banjir dukungan di Indonesia

13:39:01 | 24 Feb 2019
eSports banjir dukungan di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - Fenomena eSports sebagai cabang olahraga baru telah menarik perhatian khalayak dalam beberapa waktu terakhir, termasuk pemerintah. 

Saat ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika bahkan telah bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menyelenggarakan turnamen eSports bertajuk Piala Presiden Esports 2019. Turnamen yang baru pertama kalinya diselenggarakan pemerintah ini dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi pada awal Februari lalu.1 Hal ini menunjukkan perhatian penuh pemerintah terhadap perkembangan eSports di tanah air.

Dari sisi pelaku bisnis, eSports menjadi daya tarik baru bagi berbagai merek dan perusahaan untuk mempromosikan produknya. Misalnya saja, perusahaan makanan ringan Indonesia, PT Dua Kelinci, menjadi salah satu perusahaan yang memberikan dukungan sponsorship terhadap dua tim eSports profesional ternama Tanah Air, yakni tim Rex Regum Qeon (RRQ) dan tim EVOS Esports. Kedua tim yang juga merupakan rekan live streaming resmi Nimo TV tersebut, akan memasang dua merek produk Dua Kelinci – Sukro dan KripKrip Tortilla – di masing-masing jersey.

Selain industri konsumen, hal yang paling menarik, pelaku industri olahraga raksasa internasional juga mulai melirik perkembangan eSports secara bisnis dan prestasi. Salah satu klub sepak bola Eropa, Paris Saint-Germain (PSG), resmi berkolaborasi dengan RRQ melalui divisi eSports-nya, PSG Esports. Tim papan atas Ligue 1 tersebut mendukung divisi Mobile Legends RRQ dengan perubahan nama menjadi PSG.RRQ. 

Managing Director PSG Asia Pasifik Sebastian Wasels, mengungkapkan, keputusan pihaknya masuk ke dunia eSports Indonesia sudah melalui riset yang cukup panjang. Melalui kantor cabangnya di Singapura, divisi e-Sports PSG memiliki banyak waktu untuk memilih divisi Mobile Legends RRQ untuk diajak bekerja sama.

Dalam konferensi persnya, pemilihan divisi Mobile Legends milik RRQ dapat menjadi pintu masuk ke arah kategori lain di pentas eSports Indonesia, melihat jumlah pengguna aktif Mobile Legends yang besar.3 Selain PSG, klub sepakbola Liverpool FC asal Inggris juga mencermati perkembangan eSports yang sangat masif. 

Fenomena masuknya pelaku industri olahraga terutama klub sepakbola, mungkin terdengar janggal mengingat adanya perbedaan antara sepakbola yang mengandalkan kekuatan fisik, dengan eSports yang lebih berbasis strategi dan teknologi. Namun demikian, hal tersebut ternyata juga mulai masuk ke ranah persebakbolaan nasional. 

Di level lokal, klub sepakbola peserta Liga 1 Bali United FC menjadi klub sepakbola Indonesia pertama yang membentuk tim eSports dengan nama Island of Gods (IOG) Esports, serta menyelenggarakan turnamen eSports bertajuk Bali United Esports Championship.

Ketua Umum Indonesia E-Sports Association (IESPA) Eddy Lim menyambut baik tanggapan positif dari berbagai pihak atas kehadiran eSports. 

“Esports ini sekarang memang terlihat seksi, jadi tidaklah heran apabila mulai banyak pemangku kepentingan dari berbagai industri, termasuk olahraga lain, untuk ikut terjun ke dalam perkembangan eSports. Seperti dimana ada kue yang manis, di situ ada semut,” ucap Eddy Lim.  

Global Marketing & PR Head Nimo TV Amy Cao, juga turut menyambut baik perhatian berbagai pihak, khususnya tanggapan positif pelaku olahraga besar atas kehadiran eSports. Menurutnya, kedua industri yang sama-sama memiliki basis konsumen yang kuat dan besar mampu bersinergi untuk memperluas ceruk pasarnya.

“Sebagai platform live streaming gim yang berkomitmen untuk mengembangkan industri eSports di Indonesia, kami sadar bahwa kami tidak bisa melakukan ini sendiri. Terjunnya manajemen olahraga mainstream ke dalam eSports akan semakin memperkuat dan mempercepat perkembangan eSports itu sendiri di Indonesia dan kawasan. Kami berharap mereka dapat berkontribusi lebih jauh dalam pengembangan talenta eSports. Nimo TV akan senantiasa mendukung segala upaya pengembangan talenta eSports di Indonesia melalui platform live streaming gim yang mempertemukan pemain profesional dengan komunitas gim dan eSports, serta mereka yang memiliki aspirasi untuk menjadi pemain profesional," katanya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year