Gadjian dan KoinWorks sinergi garap pasar pekerja

10:20:30 | 04 May 2018
Gadjian dan KoinWorks sinergi garap pasar pekerja
CEO dan Co-Founder Gadjian Afia R Fitriati bersama CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono.(ist)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan penyedia layanan pinjaman (peer-to-peer lending) KoinWorks dan aplikasi pengelolaan penggajian Gadjian mengumumkan kolaborasi mereka dengan meluncurkan fitur pinjaman karyawan di platform Gadjian.

Melalui kolaborasi ini, karyawan-karyawan perusahaan pengguna Gadjian dapat mengajukan pinjaman ke KoinWorks dan membayar pinjaman tersebut lewat cicilan dari potongan gaji mereka. Kedua belah pihak berharap fasilitas pinjaman karyawan ini dapat membantu meningkatkan retensi dan produktivitas karyawan, khususnya perusahaan-perusahaan berkembang atau UKM di Indonesia.

“Kas bon atau pinjaman karyawan merupakan salah satu fitur yang cukup banyak digunakan oleh pengguna Gadjian. Kerja sama antara Gadjian dan KoinWorks memungkinkan perusahaan pengguna Gadjian dapat menawarkan fasilitas pinjaman bagi karyawan-karyawan mereka dengan lebih leluasa dan tanpa membebani keuangan perusahaan,” papar CEO dan Co-Founder Gadjian Afia R Fitriati dalam keterangan, kemarin.

CEO dan Co-founder KoinWorks Benedicto Haryono menambahkan bahwa fitur pinjaman karyawan hasil kolaborasi dengan Gadjian ini dapat membantu karyawan memenuhi berbagai kebutuhan di luar pekerjaan dengan mudah.

“Kemitraan ini juga memungkinkan karyawan untuk mendapatkan bunga yang lebih kompetitif sehingga karyawan bisa tetap fokus dan produktif tanpa bayang-bayang akan kebutuhan yang belum terpenuhi akibat tidak tersedianya dana,” jelas Ben.

Untuk mendapatkan akses fasilitas pinjaman dari KoinWorks, perusahaan pengguna Gadjian harus terlebih dulu mendaftar ke KoinWorks melalui menu “Benefide” di platform Gadjian. Setelah pendaftaran tersebut disetujui, maka karyawan perusahaan dapat mengajukan pinjaman melalui fitur Employee Self Service di Gadjian.

Kerja sama antara Gadjian dan KoinWorks memungkinkan karyawan yang mengajukan pinjaman tidak perlu lagi mengunggah dokumen-dokumen sebagai syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman, karena Gadjian telah mengarsip dokumen yang dibutuhkan karyawan untuk mengajukan pinjaman.

Proses pendaftaran dan pengajuan menjadi mudah dan hemat waktu. Setelah proses pengajuan pinjaman disetujui, karyawan dapat memilih masa pengembalian pinjaman (tenor) antara 6, 9 atau 12 bulan. Tabel pinjaman dan cicilan per bulan yang harus dibayarkan karyawan dapat dipantau di platform Gadjian, sementara cicilan pinjaman akan otomatis dipotong setiap bulan dari gaji karyawan dan disetorkan pihak perusahaan kepada KoinWorks selama masa tenor.

Fitur pinjaman karyawan di Gadjian ini diluncurkan tepat sebelum momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri, yang merupakan salah satu momen di mana kebutuhan keuangan jangka pendek masyarakat Indonesia cenderung meningkat, misalnya untuk pulang kampung atau berlibur.

telkom sigma
Kolaborasi antara Gadjian dan KoinWorks juga memantapkan posisi Gadjian sebagai platform pengaktif teknologi finansial (fintech enabler). Sebelumnya, Gadjian telah menjalin kerja sama dengan Mandiri Cash Management terkait pembayaran gaji karyawan.(ak)

Artikel Terkait