telkomsel halo

BNI adopsi chatbot berbasis AI

09:08:44 | 06 Mar 2018
BNI adopsi chatbot berbasis AI
Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara, Komisaris BNI Joni Swastanto, SEVP Teknologi Informasi BNI Dadang Setiabudi, GM Divisi E-banking BNI Anang Fauzie saat soft launching Cinta di yap! Experience Booth, Jakarta Internasional BNI Java Jazz Festival 2018, Jakarta, Minggu (4/3).(BNI)
JAKARTA (IndoTelko)  - Chatbot berbasis artificial intelligence (AI) kian marak diadopsi industri perbankan.

Chatbot merupakan program komputer yang dapat berkomunikasi dalam format percakapan. Program ini dirancang untuk dapat mensimulasikan bagaimana manusia akan saling merespon dalam suatu percakapan.

Artificial intelligence (AI) adalah merupakan kecerdasan buatan yang ditambahkan pada suatu sistem yang bisa diatur dengan formula sesuai dengan kebutuhan. AI ini juga merupakan learning machine yang mampu melakukan analisa perilaku orang yang berhubungan dengannya.

AI ditanam di dalam chatbot, sehingga dalam berkomunikasi chatbot dapat mengenali profile pengguna dan mengarahkan percakapan sesuai profiling-nya.

Kali ini PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) meluncurkan channel baru berbasis chatting dengan nama Cinta untuk melayani generasi digital dalam melakukan transaksi perbankan.

Cinta, yang merupakan singkatan dari Chat with your INTelligent Advisor, adalah kanal baru dari BNI yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman baru dalam mendapatkan layanan keuangan, dengan 3 value utama, yaitu thoughtfulness, familiarity, dan simplicity.

SEVP Teknologi Informasi BNI Dadang Setiabudi thoughtfulness menjelaskan Cinta dapat memberikan penawaran produk, transaksi, dan program promo yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan masing-masing pengguna.

“Harapannya, semakin banyak dan luas masyarakat yang mendapatkan layanan informasi serta bertransaksi perbankan di BNI dengan adanya kemudahan akses melalui Cinta ini,” ujar Dadang dalam keterangan, kemarin.

Saat ini Cinta hadir di beberapa aplikasi chatting terpopuler, yaitu Facebook messenger (FBM) dengan nama BNI CINTA, di Twitter dengan nama @bni_cinta, dan di LINE dengan nama BNI CINTA (profile ID @bnicinta). Adapun fiturnya adalah informasi seputar produk layanan BNI, program promosi BNI, locator (ATM, Cabang BNI dan Agen 46).

Fitur ini akan segera dikembangkan dengan pelayanan perbankan seperti pembukaan rekening, pembayaran/ pembelian, akses layanan permodalan bagi usaha kecil dan menengah, serta produk layanan lain seperti asuransi, kartu kredit, dan pinjaman konsumer. Cinta juga terintegrasi dengan yap! dan channel digital BNI lainnya seperti Mobile Banking, BNI contact center, Agen46, dan ATM.

GM Divisi E-banking BNI Anang Fauzie mengungkapkan Cinta merupakan hasil kolaborasi antara BNI dengan startup AI BJTech, yang dipersembahkan bagi masyarakat luas demi kemajuan bangsa dan menghadapi tantangan revolusi industri ke 4.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year