telkomsel halo

Xfas sinergi dengan Faspay garap social commerce

10:51:12 | 27 Apr 2017
Xfas sinergi dengan Faspay garap social commerce
Manajamen Xfas (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Xfas, solusi social commerce yang terintegrasi dengan sistem pembayaran dan manajemen inventori yang pertama bagi seller dan buyer di online shop, hadir di Indonesia.

Xfas merupakan sebuah solusi social commerce hasil kolaborasi dari  payment gateway provider lokal, Faspay bersama dengan perusahaan financial technology Xfers dari Singapura, menyediakan layanan keuangan menggunakan teknologi terkini bagi para pelaku bisnis online terutama mereka yang masih bergerak dalam skala kecil – menengah.

Menurut data yang dirilis Asosiasi Fintech Indonesia dan Tech in Asia (2016) disebutkan bahwa 80% pertumbuhan perdagangan online saat ini dominasi oleh aktvitas jual beli yang berlangsung di social commerce.

Walaupun masih menggunakan metode tradisional di platform sosial seperti Facebook, Instagram, BBM, Line dan WhatsApp, terdapat 2,7 juta transaksi setiap harinya. Namun,  permasalahan yang sering muncul dalam melakukan kegiatan jual beli di social commerce  yakni adanya percakapan panjang antara seller dan buyer untuk mengetahui detail produk yang ditawarkan hingga metode pembayarannya.

Adanya permasalahan tersebut, maka dibutuhkan solusi yang efektif, mudah dan anti ribet untuk mempermudah seller dan buyer dalam melakukan transaksi. Hal inilah yang mendorong lahirnya Xfas. Solusi yang ditawarkan Xfas ini akan mempercepat proses transaksi, mempermudah penerimaan pembayaran, sekaligus membantu dalam pengelolaan data barang masuk dan keluar.

Xfas sendiri mengusung konsep the simplest social commerce payment solution, mengeliminasi elemen-elemen utama dalam berjualan online seperti komunikasi yang ribet, pengintegrasian sistem hingga biaya untuk memelihara website dan manajemen inventori.

“Dengan adanya Xfas ini dapat mempermudah para penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi pembayaran. Buyer akan mendapatkan link dari produk yang telah dibeli, lalu hanya dengan sekali klik, maka semua informasi yang dibutuhkan akan diterima oleh seller sehingga proses transaksi menjadi lebih efektif. Ini merupakan solusi anti ribet satu-satunya yang lengkap, aman dan mudah bagi seller dan buyer di social commerce.” ujar CEO Faspay, Hioe Fui Kian, kemarin.

Menurutnya, inilah yang menjadi fitur unggulan dari Xfas. Setiap data transaksi yang dilakukan oleh penjual  maupun pembeli di sosial media akan ditampilkan dalam format link. Pembeli nantinya akan mendapatkan link yang berisi informasi dari produk yang telah dibeli dari deskripsi singkat produk tersebut, jumlah barang, jenis barang yang dibeli, berat barang, harga, gambar dan lain sebagainya.   

CEO dan Co-Founder Xfers Liu Tian Wei mengungkapkan dengan kemudahan yang diberikan Xfas dalam bertransaksi, sangat membantu para pengusaha pemula serta kaum muda seperti pelajar dan mahasiswa dalam memasarkan produk mereka.

“Xfas mendukung penuh para mahasiswa dan pelajar khususnya, dalam memasarkan produk yang mereka tawarkan di online shop sehingga dapat menambah penghasilan mereka,” tambah Tian Wei.

Cara menggunakan Xfas cukup mudah, pengguna cukup masuk ke dalam dashboard Xfas yang telah disediakan untuk mengatur produk yang hendak dijual. Sebelum masuk ke dashboard, pengguna harus melakukan registrasi terlebih dulu melalui www.xfas.co.id. Hal ini hanya berlaku untuk seller saja, bagi buyer tidak perlu melakukan login terlebih dulu.

Dashboard ini nantinya akan menciptakan suatu link yang nantinya link inilah yang digunakan penjual untuk disebarkan kepada calon pembeli melalui media sosial, forum maupun aplikasi messenger. User yang menerima link tersebut akan diarahkan ke halaman pemesanan yang berisi tentang informasi produk yang tadi telah di-setting dalam dashboard. Selanjutnya pengguna akan menerima informasi mengenai pembayaran produk yang hendak dibeli dengan beragam pilihan metode transfer bank maupun kartu kredit.

Apabila pembayaran tersebut berhasil dilakukan, Xfas akan mengirimkan notifikasi secara otomatis kepada penjual. Setelah itu, penjual dapat melanjutkan ke proses pengiriman barang. Pembeli tidak perlu melakukan hal apapun untuk mengkonfirmasi sehingga dapat duduk dengan tenang sambil menunggu barang yang mereka beli dikirim.

“Xfas juga menawarkan berbagai kemudahan lainnya seperti, kemudahan mengolah data inventori barang yang dijual, analisis penjualan hingga proses pencairan uang yang tidak rumit,” ucap Hioe Fui Kian.(tp)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year