telkomsel halo

Cermati raih pendanaan Seri A dari Orange Growth Capital

11:41:38 | 03 Feb 2017
Cermati raih pendanaan Seri A dari Orange Growth Capital
Manajemen Cermati
JAKARTA (IndoTelko)  - Perusahaan eCommerce produk keuangan Cermati.com telah memperoleh suntikan dana sebesar tujuh digit dolar Amerika dari Orange Growth Capital (OGC), salah satu perusahaan FinTech venture capital terkemuka di Eropa dan Asia.

Cermati akan menggunakan dana tersebut untuk melakukan ekspansi tim, memperkuat layanan penawaran produk keuangan, dan meningkatkan sistem teknologi guna mewujudkan misi menjadi market leader di Indonesia.

Cermati.com secara online membantu pelanggan untuk melakukan riset guna memilih dan mendapatkan produk keuangan terbaik, mulai dari kartu kredit, kredit kendaraan bermotor, kredit pemilikan rumah, dan kredit tanpa agunan. 

Situs Cermati.com telah menjadi situs finansial eCommerce paling banyak dikunjungi di Indonesia, dengan total kunjungan perbulan mencapai 3,2 juta pada Desember 2016. Adapun sepanjang tahun 2016, Cermati telah memfasilitasi pinjaman lebih dari Rp100 miliar.

Orange Growth Capital (OGC) merupakan FinTech venture capital terkemuka di Eropa dan Asia, penyokong bisnis peer-to-peer platform Zopa dan online trading platform BUX. OGC kini bergabung dalam investasi pendanaan Seri A Lanjutan, yang merupakan perpanjangan dari investasi Seri A yang telah diterbitkan pada September 2016 dan dipimpin oleh East Venture serta partisipasi dari Beenos Plaza.  Investasi pendanaan ini merupakan investasi pertama OGC di Asia.

“Kami sangat senang berpartner dengan OGC, yang memiliki banyak pengalaman membangun bisnis FinTech. Kami akan belajar dari pengalaman yang dimiliki oleh OGC untuk mengembangkan market Indonesia. Investasi ini akan mempercepat progres untuk mencapai misi kami membuat produk finansial lebih aksesible untuk masyarakat Indonesia,” kata CEO dan co­founder dari Cermati Andhy Koesnandar dalam rilisnya, kemarin.

“Kita sangat fokus membangun platform finansial teknologi untuk memberikan saranaonline yang paling ringkas dan mudah dipakai oleh masyarakat Indonesia untuk membandingkan dan mendapatkan produk keuangan. Kita sangat bersemangat menggunakan pendanaan baru ini untuk membangun teknologi, data science, dan analisa web di Cermati. Kita mengajak lebih banyak tech talent untuk bergabung dengan tim teknologi kita,” tambah CTO dan co­founder Cermati Oby Sumampouw.

Menurut Partner dari Orange Growth Capital Hans de Back yang bergabung menjadi Direksi Cermati bisnis ini mempunyai potensi yang besar untuk berkembang lebih jauh karena Indonesia memiliki market yang paling besar di Asia Tenggara.

“Masyarakat Indonesia memiliki pendapatan lebih serta didukung pemerintah untuk mengembangkan FinTech. Saat ini, baru 36% masyarakat Indonesia yang memiliki akses ke produk keuangan. Kita menanti kerjasama dengan Cermati dalam membangun finansial e-commerce portal terkemuka di Indonesia,” katanya.    

Asal tahu saja berdasarkan Daily Social Tech Startup Report 2016 menyatakan 40% investasi startup tahun 2016 menyasar startup tahap awal (seed), sedangkan 24% ditujukan bagi startup yang telah mencapai tahap Seri A.

Catatan laporan Indonesia’s Tech Startup Report 2017 juga menyebutkan bahwa 21% kucuran dana diterima startup di sektor eCommerce dan 20% di sektor fintech. Fintech sendiri diprediksi sebagai sektor terpopuler di tahun 2017.

Dari sisi investor, DailySocial mencatat empat pemodal yang paling aktif memberi aliran dana kepada tech startup Indonesia. Empat investor tersebut ialah MDI Ventures, Alpha JWC Ventures, East Ventures, dan 500 Startups.

Untuk pelaku startup, Go-Jek mencatatkan sejarah di tahun 2016 dengan menjadi startup unicorn pertama di Indonesia, setelah memperoleh pendanaan teranyar sejumlah $550 juta. Go-Jek juga berhasil mengakuisisi empat tech startup India dan satu layanan eMoney Indonesia.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year