telkomsel halo

Amartha dan WeCare.id kolaborasi dalam Sehat Sasarengan

12:54:18 | 26 Sep 2016
Amartha dan WeCare.id kolaborasi dalam Sehat Sasarengan
Persiapan program Sehat Sasarengan (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Amartha, pionir teknologi keuangan bagi pengusaha mikro, bekerja sama dengan WeCare.id, platform crowdfunding untuk layanan kesehatan, meluncurkan program terbarunya, yaitu “Sehat Sasarengan”.

Kolaborasi ini menawarkan akses layanan terpadu untuk pasien dan keluarganya dalam menciptakan keluarga yang sehat dan sejahtera. Kedua lembaga ini sepakat bahwa layanan kesehatan dan akses permodalan menjadi kunci penguatan masyarakat mikro di Indonesia.

Pelaksanaan program “Sehat Sasarengan” ini juga didukung oleh CIMSA Nasional, project  lembaga Independen yang diinisiasi Mahasiswa Kedokteran Indonesia serta Health Empowerment and  Education Empowerment Project (HEUP), sebuah organisasi kesehatan yang diiniasi oleh dokter dokter muda alumni Universitas Padjadjaran.

Vice President dan Head of Product Amartha Aria Widyanto mengatakan 8 dari 10 orang di Indonesia masih belum memperoleh akses ke layanan perbankan, termasuk para pengusaha mikro yang tinggal di pelosok pedesaan.

“Saat ini, kami berkomitmen untuk menjangkau mereka dengan mempertemukan mereka dengan para pemilik modal lewat platform P2P Lending kami di amartha.com. Kerjasama Sehat Sasarengan ini memberikan nilai lebih untuk para mitra usaha mikro Amartha, agar selain sejahtera, mereka juga mampu meningkatkan taraf kesehatan di keluarganya. Kami melihat semangat yang sama dalam mewujudkan inclusiveness di seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin (26/9).

Co Founder WeCare.id Mesty Ariotedjo menambahkan platform yang dibangun bertujuan untuk mendorong pasien agar dapat secara perlahan menjadi produktif dan mandiri secara ekonomi setelah tak lagi mendapat bantuan.

“Hampir seluruh pasien yang kami galangkan dananya melalui platform WeCare.id memiliki tingkat pemasukkan dibawah UMR. Hal ini menjadi suatu area yang harus kita pikirkan dan gali, inovasi apa yang tidak hanya ‘menyembuhkan’ pasien dari penyakit yang ia hadapi? Namun juga memerdekakan dirinya sebagai individu produktif dan memiliki kapabilitas ekonomi,” katanya.  

Program Sehat Sasarengan ini akan di adakan tanggal 25 September 2016 di Desa Ciparay, Cangkuang, dan Pangalengan, Jawa Barat. Layanan cek kesehatan, penyuluhan kesehatan, serta sosialisasi peran pemberdayaan ekonomi akan ditujukan kepada masyarakat di ketiga Desa tersebut secara gratis.    

Asal tahu saja, Amartha yang diusung PT Amartha Mikro Fintek sejak 2010 telah melayani lebih dari 23.000 anggota dan menyalurkan lebih dari Rp 40 miliar pembiayaan bagi pengusaha mikro di pelosok pedesaan di Indonesia.   

Sementara WeCare.id adalah situs web yang dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien-pasien di daerah terpencil atau sangat terpencil yang membutuhkan akses terhadap pelayanan kesehatan yang optimal dan JKN.   

WeCare.id saat ini telah menggerakkan 2500 donatur, mendanai penuh kebutuhan medis lebih dari 120 pasien dari berbagai wilayah di Indonesia, mengumpulkan lebih dari Rp800 juta donasi.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year