telkomsel halo

DOKU gandeng PayEase untuk bidik pasar Tiongkok

10:14:39 | 09 Aug 2016
DOKU gandeng PayEase untuk bidik pasar Tiongkok
Suasana kerjasama Doku dan PayEase (dok)
NUSA DUA (IndoTelko) – DOKU menggandeng PayEase untuk meningkatkan layanan dalam melayani transaksi yang berasal dari Tiongkok.

PayEase adalah penyedia layanan pembayaran dari Tiongkok yang telah terkoneksi dengan 90% bank-bank di Tiongkok. Sementara DOKU adalah pemain lokal yang juga bermain di layanan pembayaran elektronis.

Melalui kerja sama ini merchant-merchant yang terkoneksi dengan DOKU akan dapat menerima pembayaran China UnionPay(CUP) dari konsumen Tiongkok. Selain itu merchant DOKU juga dapat memasarkan produk maupun jasa di dua portal yang dimiliki PayEase, yaitu Silk Road Trade Ease (untuk produk) dan Travel Ease (untuk jasa yang berhubungan dengan pariwisata).

Melalui kerja sama ini DOKU menjadi penyedia layanan pembayaran online non-perbankan pertama di Indonesia yang menfasilitasi pembayaran China UnionPay bagi merchantnya.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan PayEase dan berharap kerja sama ini dapatsemakin membuka jalan bagi merchant DOKU untuk memperluas pangsa pasarnyasertamendorongpertumbuhan bisnis online mereka,” kata Chief Operating Officer DOKU Nabilah Alsagoff dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Menurutnya, potensi pasar eCommerce Tiongkok memang sangat menjanjikan. Beberapa riset mencatat penetrasi eCommerce di Tiongkok mencapai 89% di kota-kota Tier 1 dan 2, sedangkan di kota-kota Tier 3 dan 4 mencapai 62%.

Online shopper yang tinggal di kota-kota Tier 3 dan 4 sendiri mencapai 257 juta jiwa. Secara keseluruhan pertumbuhan konsumsi pribadi konsumen (private consumption) Tiongkok diprediksi akan mencapai 42% dalam kurun waktu empat tahun mendatang.

Dari sisi pariwisata pulau Dewata juga masih menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan dari Tiongkok. Jumlah arus wisatawan selama Januari-April 2016 mengalami peningkatan sebesar 30% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Executive Vice President, PayEase Kevin Yim  mengharapkan  kerjasama ini tidak hanya memberikan kenyamanan bagi konsumen Tiongkok ketika mereka ingin berbelanja online di merchant-merchant B2C dan B2B berkualitas di Indonesia, tetapi juga akan mendatangkan keberagaman bisnis bagi merchant DOKU yang memasarkan produk serta layanan mereka dengan menggunakan solusi pembayaran eCommerce lintas negara (Tiongkok-Indonesia)

“Kolaborasi ini akan menciptakan manfaat bersama bagi 1.3 miliar populasi Tiongkok dan 250 juta masyarakat Indonesia, yang tercatat memiliki perputaran perdagangan lebihdari US$ 42 miliar pada tahun 2015 Sehingga kami dapatmemberikan nilai “Internet+” dan “eCommerce lintas negara”, untuk mewujudkan perputaran eCommerce Tiongkok-Indonesia yang lebih tinggi lagi melalui inisiatif “belt & road” Tiongkok,” katanya.

Di Indonesia, layananpembayaran online DOKU telah digunakan oleh lebih dari 20 ribu merchant. DOKU juga melayani merchant-merchant internasional dari beberapa negara tetangga seperti Papua Nugini dan negara-negara di kepulauan Pasifik.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year