telkomsel halo

Mastercard pangkas hambatan pembayaran digital

12:48:00 | 20 Jul 2016
Mastercard pangkas hambatan pembayaran digital
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko)  –  Mastercard baru-baru ini meluncurkan fondasi masa depan perdagangan dengan layanan pembayaran digital global yang baru, yakni Masterpass. 

Solusi ini memungkinkan para konsumen untuk tidak hanya melihat sebatas bank atau lembaga kredit kepercayaan mereka saja untuk melakukan pembayaran yang cepat, mudah, dan aman – di seluruh perangkat dan saluran – dimanapun mereka ingin berbelanja baik itu online, melalui aplikasi dan saat ini di toko dengan layanan contactless.

Mastercard merupakan jaringan pertama yang memberikan layanan pembayaran digital secara menyeluruh (omni-channel) bagi konsumen, bank penerbit kartu dan merchant dengan memanfaatkan metode keamanan pembayaran paling mutakhir yang ada pada saat ini.    

Mulai dari pembelian tiket kereta dengan menggunakan perangkat handphone Anda, hingga berbagi (sharing) tagihan makan Anda dengan teman / kerabat Anda di Restoran dan langsung membayarnya pada saat itu juga, membeli barang-barang keperluan sehari-hari hanya dengan sentuhan (tap) dari telepon Anda di toko dan memesan penerbangan secara online, Masterpass memudahkan pengalaman berbelanja Anda.

Masterpass saat ini tersedia di ratusan ribu merchant online atau aplikasi termasuk Firehouse Subs, Masabi, MLB.com dan MLBShop.com, Office Depot dan ParkMobile. 

Para konsumen saat ini akan dapat menggunakan Masterpass di lebih dari lima juta lokasi merchant di 77 negara yang menerima pembayaran contactless termasuk BJ’s Wholesale Club.  Kemampuan pembayaran contactless akan tersedia pertama kali bagi para pemilik perangkat Android di Amerika Serikat.

Para merchant yang akan memanfaatkan Masterpass dalam beberapa bulan mendatang ialah termasuk JetBlue, Saks.com, Lord and Taylor.com, aplikasi Subway dan aplikasi The Cheesecake Factory.

Masterpass secara unik memberdayakan para mitra penerbit kartu untuk menyediakan semua solusi pembayaran digital dengan merek/brand mereka sendiri (bank-branded).  Lebih dari 80 juta akun akan secara otomatis diaktifkan melalui mitra penerbit sebagaimana layanan tersebut diluncurkan secara global.

Fungsi – fungsi yang tersedia dari layanan pembayaran digital yang canggih tersebut akan membantu para bank penerbit kartu mengembangkan kembali produk-produk yang sudah ada, diantaranya aplikasi mobile banking, dengan mengintegrasikan fungsi pembayaran digital dan layanan baru seperti peringatan pembelian dan membayar dengan poin loyalty.

Para mitra yang sudah mendukung penggunaan Masterpass antara lain Ally Bank, Associated Bank, Bank of America, Bank of the West, BMO Harris Bank, Capital One, Central Bank, Citi, Fifth Third Bank, First Hawaiian Bank, First Tech Federal Credit Union, KeyBank, People’s United Bank, Security Services Federal Credit Union, SunTrust dan Virginia Credit Union. Dengan melakukan layanan berlapis termasuk tokenisasi dengan identifikasi bank dan verifikasi pemegang kartu, Masterpass saat ini menggunakan metode keamanan terdepan untuk melindungi konsumen dari penipuan.

Peluncuran Masterpass dari para penerbit di Amerika Serikat akan dimulai pada bulan ini. Sedangkan Eropa dan Timur Tengah/Afrika akan menjadi negara berikutnya dimana solusi Masterpass yang terintegrasi akan dimulai pada akhir 2016. Peluncuran berikutnya dari layanan Masterpass dilakukan di Amerika Utara, Eropa, Amerika Latin & Karibia, Timur Tengah & Afrika serta Asia Pasifik yang akan berlanjut sepanjang 2016 dan memasuki tahun 2017.

“Dengan milyaran pemegang kartu di seluruh dunia, kami bekerja sama dengan para bank penerbit kartu dan merchant kami untuk memastikan bahwa kami memberikan layanan pembayaran digital yang mendukung ekspektasi para pelanggan terhadap pengalaman transaksi yang familiar dan aman, baik untuk saat ini maupun di masa mendatang,” ujar Presiden Mastercard untuk kawasan Amerika Utara Craig Vosburg dalam keterangan tertulisnya, kemarin.   

Digitalisasi perdagangan dan meningkatnya konektivitas antar konsumen mendorong transformasi digital untuk menyediakan pilihan pembayaran yang terintegrasi dan jauh lebih mudah.  Untuk merefleksikan kesiapan dan optimisme dari transformasi ini, Mastercard memperkenalkan sebuah evolusi dari identitas merek (brand identity) – yang telah disederhanakan, telah modern, dan dioptimalkan untuk dunia digital yang semakin meningkat.

Identitas merek ini dimulai dengan sebuah penandaan logo baru, dan melakukan sebuah sistem desain menyeluruh yang akan memberikan sebuah pemikiran yang maju, mutakhir dan ekspresi dari merek yang inklusif di setiap aspek produk di seluruh dunia.

“Untuk dapat berkembang dalam dunia digital yang baru ini dimana bisnis bergerak lebih cepat daripada sebelumnya, kami ingin memodernisasi dan mengangkat merek kami dengan desain yang simpel dan elegan, namun tetap tidak mengurangi elemen dari Mastercard itu sendiri,” kata Chief Marketing and Communication Officer, Mastercard Raja Rajamannar.

Perkembangan dari identitas merek, termasuk sistem desain merek yang paling komprehensif yang diperkenalkan secara Global oleh Mastercard, akan diluncurkan untuk semua produk, komunikasi dan pengalaman yang dimiliki oleh Mastercard, dimulai dari Masterpass pada bulan ini dan seluruh produk dan layanan Mastercard pada awal musim gugur.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year