telkomsel halo

Peringkat Trikomsel Direvisi

10:21:17 | 16 Mar 2015
Peringkat Trikomsel Direvisi
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengubah peringkat  PT Trikomsel Oke Tbk. (TRIO) menjadi  idBBB+ dari sebelumnya idA-.

Tak hanya itu, Pefindo juga mengubah peringkat Obligasi Wajib Konversi I Tahun 2012 menjadi idBBB dari idBBB+.

Analis Pefindo Martin Pandiangan dalam rilisnya belum lama ini mejelaskan perubahan peringkat disebabkan oleh struktur pemodalan perusahaan yang lebih agresif dan perlindungan arus kas yang melemah karena kebutuhan modal kerja emiten dengan kode TRIO ini didanai pinjaman.

Pefindo juga tetap memberikan outlook Negatif untuk peringkat perusahaan guna mengantisipasi tidak adanya perbaikan secara siginifikan atas kinerja keuangan dalam waktu dekat hingga menengah. Outlook negatif berlaku untuk periode 9 Maret 2014-1 Maret 2016.

Outlook dapat direvisi menjadi stabil jika Trikomsel dapat memperbaiki struktur pemodalan dan perlindungan arus kas secara berkelanjutan.

Peringkat tersebut mencerminkan kuatnya posisi pasar Trikomsel dalam bisnis ritel dan distribusi produk telekomunikasi, jaringan ritel, serta distribusi yang ekstensif, serta produk yang cukup terdiversifikasi.

Namun, peringkat dibatas oleh tingginya kebutuhan modal kerja, struktur pemodalan yang agresif, perlindungan arus kas yang lemah, serta persaingan yang ketat di industri.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year