telkomsel halo

Grup Lippo Siapkan MatahariMall.com Garap e-commerce

09:24:09 | 26 Feb 2015
Grup Lippo Siapkan MatahariMall.com Garap e-commerce
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Grup Lippo (Lippo) tengah menyiapkan portal MatahariMall.com untuk memasuki bisnis e-commerce di Indonesia pada Maret mendatang.

Grup Lippo kabarnya mengalokasikan dana investasi US$ 500 juta untuk dua hingga tiga tahun ke depan bagi portal ini agar bisa memiliki omset US$ 1 miliar  dan menjelma menjadi Alibaba versi Indonesia.

Bahkan, MatahariMall.com akan membawa divisi ritel konsumen Grup Lippo mencapai US$25 miliar dalam lima tahun kedepan, di mana 20% merupakan kontribusi ritel online.

MatahariMall akan menyediakan harga termurah, hadiah-hadiah terbaik, dan pilihan produk terluas, termasuk fashion, kecantikan, elektronik, rumah, makanan, buku, hiburan, otomotif dan masih banyak lagi.

Portal ini kabarnya juga ditunjuk sebagai situs online eksklusif untuk berbagai merek paling populer di Indonesia.

MatahariMall juga merupakan eCommerce pertama dan satu-satunya yang menawarkan layanan O2O (Online-to-Offline), yang memungkinkan para pelanggan untuk membayar, mengambil dan mengembalikan produk di 131 cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia.

Portal ini juga diperkuat banyak Sumber Daya Manusia (SDM) unggulan di bisnis internet, diantaranya mantan Country Manager Google Indonesia, Rudy Ramawy.

"Nilai bisnis perdagangan retail online akan mencapai US$ 100 miliar. MatahariMall akan menjadi situs e-commerce nomor 1 di Indonesia. Tidak ada yang menyamainya di Asia Tenggara. Visi kami adalah untuk membangun ekosistem yang kuat, yang memampukan penjual dan pembeli untuk melakukan bisnis kapan saja dan dimana saja," ujar Direktur Grup Lippo John Riady, kemarin.

Menurutnya, Grup Lippo memasuki e-commerce pada waktu yang tepat. Pasalnya, ekosistem digital di Indonesia baru saja melewati titik critical mass. Tahun ini, penetrasi internet akan melebihi 30%. Ritel online baru 0,7% dari total penjualan ritel, namun diperkirakan akan tumbuh sepuluh kali lipat dalam lima tahun ke depan.

Pertumbuhan ritel online paling cepat terjadi di daerah luar Jakarta, yang juga merupakan daerah dimana bisnis Lippo sangat mendominasi pasar.

"Indonesia adalah negara terakhir di Asia, dengan pangsa p asar yang besar, di mana penetrasi e-commerce masih sangat rendah. MatahariMall adalah peluang online retail terbesar di Asia", tambah John.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year