telkomsel halo

iPhone 6 Topang Penjualan Apple

13:32:07 | 22 Okt 2014
iPhone 6 Topang Penjualan Apple
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Tak sia-sia Apple meluncurkan produk terbarunya iPhone 6 dan iPhone 6 plus pada medio September lalu.

Dua produk baru ini menjadi salah satu penopang pendapatan perseroan di kuartal yang berakhir September lalu. Perusahaan berhasil membukukan laba  US$ 8,5 miliar atau sekitar Rp 102 triliun di periode yang berakhir September 2014 atau  naik 13%.

Pertumbuhan laba ini sejalan dengan omzet perusahaan yang juga melonjak US$ 42,1 miliar atau sekitar Rp 500 triliun. Apple menjual lebih dari 39 juta iPhone sepanjang triwulan tersebut, didorong oleh dua varian terbaru itu.

Tahun lalu pada periode yang sama, Apple  menjual 33,8 juta iPhone. Penjualan iPhone  mewakili US$ 23 miliar dari omzet dan memberikan lebih dari setengah total laba yang diraup perseroan. Apple diprediksi mampu menjual 60 juta unit iPhone sampai akhir tahun ini.

Selain iPhone, penjualan Macintosh juga mengalami peningkatan. Apple mengklaim penjualan Macintosh mencapai 5,5 juta unit atau naik 20% dibanding kuartal tahun lalu.

Namun, Apple masih memiliki pekerjaan rumah yakni masih lesunya penjualan iPad  yakni  hanya 12,3 juta dan menyumbang US$ 5,3 miliar ke total omzet perusahaan.

"Ini hanya koreksi sesaat untuk iPad, bukan masalah besar,” ungkap CEO Apple Tim Cook seperti dikutip AFP, kemarin.

Diprediksinya, selama penjualan di musim liburan Natal dan Tahun Baru nanti, penjualan produk Apple akan naik 10% dibandingkan bulan sebelumnya. Sementara dalam kinerja setahun penuh, Apple diperkirakan meraup laba sebesar US$ 39,5 miliar dengan pendapatan US$ 183 miliar.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year