telkomsel halo

September, Saham Sarana Menara Cetak Nilai Perdagangan Tertinggi

10:37:59 | 21 Okt 2014
September, Saham Sarana Menara Cetak Nilai Perdagangan Tertinggi
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Saham PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) selama bulan September 2014 tercatat sebagai salah satu emiten dengan nilai perdagangan tertinggi mencapai Rp 13,88 triliun.

Diperkirakan total transaksi perdagangan saham sebesar Rp 13,88 triliun tersebut  terjadi di pasar negosiasi dan berkaitan dengan konsolidasi pemegang saham perseroan dengan Grup Djarum yang memiliki saham di perseroan melalui PT Tricipta Mandhala Gumilang dan PT Caturguwiratna Sumapala.

Analis dari BNI SecuritiesThendra Chrisnanda menilai walau mencetak perdagangan yang tinggi tetapi saham dengan kode TOWR ini  tidak begitu likuid layaknya kompetitor PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG). Namun,  profil fundamental Sarana Menara masih dinilai positif mengingat mengantongi EBITDA margin 60%.

Analis saham dari Koneksi Kapital, Alfred Nainggolan menambahkan  tingginya total nilai perdagangan Sarana Menara Nusantara disebabkan adanya aksi korporasi. Sementara secara sektoral pergerakannya tidak begitu agresif.

“Tingginya nilai perdagangan sifatnya sementara kebetulan momennya ada aksi korporasi faktor yang terjadi terhadap Tower Bersama akan mempengaruhi Sarana Menara Nusantara,” jelasnya.

Sekadar diketahui, saat ini raja menara di Indonesia adalah Tower Bersama dengan memiliki 14 ribu menara serta  rasio tenansi 1.7x,  Sarana Menara Nusantara sekitar 1,9 kali, dan PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) mencapai 1,7 kali.

Adapun rata-rata valuasi per menara milik Sarana Menara mencapai US$ 324 ribu, Tower Bersama mencapai US$ 290 ribu, dan Solusi Tunas mencapai US$ 220,78 ribu per menara. Analis di CLSA memprdiksi pada tahun ini Tower Bersama bisa memiliki pendpaatan Rp 3,356 triliun dengan keuntungan Rp 1,54 triliun. (wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year