telkomsel halo

AndroidOne Diprediksi Perkuat Dominasi Google

10:38:13 | 11 Okt 2014
AndroidOne Diprediksi Perkuat Dominasi Google
Ilustrasi (dok)
SINGAPURA (IndoTelko) – Lembaga riset IDC memprediksi peluncuran smartphone AndroidOne di India akan memperkuat dominasi Google di pasar perangkat.

AndroidOne diluncurkan di India pada pertengahan September lalu menggandeng beberapa merek lokal seperti Micromax, Karbonn, dan Spice yang dibanderol di kisaran US$ 105-US$ 110.

Salah satu keunggulan dari perangkat ini adalah jeroannya yang didukung Mediatek dengan chipset MT6582 SoC. Kabarnya tak lama lagi Qualcomm juga akan bergabung dalam lini produk ini.

Associate Director, Consumer Mobility, Gaming and Advertising, IDC Asia/Pacific Shiv Putcha dalam rilisnya menyatakan AndroidOne sebagai langkah penting dalam strategi Google mendorong pengguna pemula untuk lebih banyak menggunakan fiturnya seperti search, Maps, Google Now, dan lainnya yang bisa menghasilkan pendapatan.

Google dalam meluncurkan produk ini di India bekerjasama dengan operator Airtel dan Reliance, serta pemain e-commerce seperti  Flipkart dan Amazon. Kabarnya produk ini juga akan masuk ke Indonesia dan Brazil tak lama lagi.

Google memang tak ada pilihan selain memaksimalkan pasar seperti India, Indonesia atau Brazil mengingat di Tiongkok masih diembargo kehadirannya.  

IDC memperkirakan kehadiran AndroidOne akan mengubah peta di pasar smartphone dimana untuk segmen menengah akan diiris lebih dalam dengan produk yang lebih mumpuni tetapi harganya terjangkau.

Diperkirakan nantinya pasar smartphone untuk segmen menengah keatas akan dikuasai oleh Samsung dan Apple, sedangkan untuk low end akan terus naik pasarnya dengan Average Selling Price (ASP) di kisaran US$ 100.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year