telkomsel halo

Didukung NVIDIA, Akamai luncurkan infrastruktur dan layanan cloud

07:09:00 | 21 Apr 2024
Didukung NVIDIA, Akamai luncurkan infrastruktur dan layanan cloud
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan cloud yang memberdayakan dan melindungi kehidupan online, Akamai Technologies menambahkan penawaran berbasis GPU NVIDIA ke portofolio cloud mereka yang dirancang khusus untuk media. DenganGPU NVIDIA RTX 4000 Ada Generation, layanan berbasis cloud baru ini menawarkan produktivitas dan nilai keekonomian yang lebih baik untuk perusahaan di industri media dan hiburan yang dituntut melakukan pemrosesan konten video dengan cepat dan efisien.

Penolokukuran internal yang dilaksanakan oleh Akamai menunjukkan bahwa enkode berbasis GPU menggunakan NVIDIA RTX 4000 memproses bingkai per detik (FPS) 25x lebih cepat dibandingkan metode enkode dan transkode berdasarkan CPU konvensional. Hal ini menghasilkan kemajuan signifikan terhadap cara penyedia layanan streaming mengatasi tantangan beban kerja umumnya.

Dengan penawaran Akamai, perusahaan media dan hiburan dapat membangun arsitektur yang dapat diskalakan dan tangguh, juga meluncurkan beban kerja yang akan berjalan lebih cepat, andal, dan portabel, sekaligus memanfaatkan platform cloud yang paling terdistribusi di dunia serta penyediaan konten dan layanan keamanan yang terintegrasi.

Dikatakan Vice President of Cloud Products di Akamai, Shawn Michels, perusahaan media memerlukan sumber daya komputasi berlatensi rendah dan andal yang menjaga portabilitas beban kerja yang dibuatnya.

"GPU NVIDIA memberikan kinerja harga yang unggul saat diluncurkan pada platform edge global Akamai. Bersamaan dengan Qualified Compute Partners (Mitra Komputasi Berkualifikasi) dan platform terbuka kami, kami memberikan pelanggan kemampuan untuk membangun arsitektur beban kerja termutakhir agar bersifat agnostik cloud dan mendukung arsitektur multi-cloud," ujarnya.

Di pasar yang sangat fokus pada penggunaan GPU NVIDIA untuk mendukung pemodelan bahasa besar, layanan GPU khusus media Akamai mengarah pada industri yang kurang dilayani oleh penawaran industri saat ini, yang bisa menjadi mahal. Berdasarkan pengalaman serta pengetahuan yang mendalam, Akamai menyempurnakan penawaran GPU barunya untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan spesifik dari industri media dan hiburan.

GPU NVIDIA RTX 4000 mencapai efisiensi kecepatan dan daya yang dibutuhkan untuk mengatasi alur kerja kreatif, desain, dan rekayasa yang berat dalam membuat konten digital, melakukan pemodelan 3D, rendering, inferensi, serta membuat konten dan streaming video.

Kasus penggunaan khusus media antara lain :

1. Transkode video dan streaming video langsung

GPU dapat melakukan transkode streaming video langsung lebih cepat dari real-time, sehingga meningkatkan pengalaman streaming dengan mengurangi hambatan dan bahkan pemutaran ulang, sedangkan enkode berdasarkan GPU meningkatkan efisiensi dan mengurangi waktu pemrosesan dibandingkan dengan transkode berdasarkan CPU konvensional. GPU NVIDIA RTX 4000 dilengkapi dengan perangkat keras NVIDIA NVENC dan NVDEC generasi terbaru, yang memungkinkan kapasitas tambahan untuk tugas enkode dan dekode secara bersamaan. Ini penting untuk penerapan yang memerlukan pemrosesan video dengan throughput tinggi, seperti streaming langsung. Mesin NVENC generasi kedelapan memerlukan dukungan untuk kodek video terbaru, termasuk kodek AV1 yang sangat efisien, yang menghadirkan video dengan kualitas lebih tinggi pada kecepatan transfer data yang lebih rendah.

2. Konten realitas virtual (VR) dan realitas berimbuh (AR)

Penerapan VR dan AR memerlukan rendering grafis 3D dan konten multimedia secara real time. GPU sangat ideal untuk memproses konten tersebut.

Meskipun Akamai mengoptimalkan solusi baru untuk pasar media, penawaran baru ini juga dapat diterapkan untuk kasus penggunaan oleh pengembang dan perusahaan yang ingin membangun aplikasi yang terikat ke beberapa industri, di antaranya :

1. Kecerdasan buatan generatif dan pemelajaran mesin (Gen AI/ML)

Salah satu penerapan utama komputasi cloud GPU adalah pada AI/ML generatif. GPU sangat cocok untuk tugas-tugas seperti pelatihan dan inferensi dengan jaringan neural, karena unit ini dapat melakukan banyak kalkulasi secara paralel, yang memungkinkan pelatihan model baru yang lebih cepat dan efisien, sehingga memungkinkan performa dan akurasi yang lebih baik. GPU NVIDIA RTX 4000 memanfaatkan arsitektur NVIDIA Ada Lovelace untuk menghadirkan performa yang luar biasa dalam tugas inferensi. Sejumlah 192 Tensor Core generasi keempat mempercepat lebih banyak jenis data dan disertakan fitur Fine-Grained Structured Sparsity baru untuk mempercepat throughput pengoprasian matriks tensor hingga 4x jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Penyertaan memori GDDR6 20 GB menyediakan kapasitas luas untuk model dan dataset yang besar.

2. Analisis data dan komputasi ilmiah

Komputasi cloud GPU juga umumnya digunakan dalam analisis data dan komputasi ilmiah karena sifat dari tugas-tugas tersebut, yang sering kali melibatkan pemrosesan jumlah data yang banyak. Tugas-tugas ini sangat memakan waktu dan intensif secara komputasional. GPU dapat membantu mempercepat tugas ini dengan memproses jumlah data yang banyak secara paralel, sehingga memungkinkan analisis dan simulasi yang lebih cepat dan efisien.

3. Gaming dan perenderan grafis

GPU lazim digunakan di industri gaming, umumnya untuk perenderan grafis dan tugas-tugas lainnya terkait pengembangan video game. Ini karena GPU dirancang untuk menangani pemrosesan grafis yang kompleks serta dapat menyediakan perenderan grafis 3D yang cepat dan berkualitas tinggi.

4. Komputasi performa tinggi

Cloud yang didukung GPU umumnya digunakan untuk penerapan komputasi berperforma tinggi, seperti pemodelan dan simulasi, yang memerlukan pemrosesan jumlah data yang banyak secara cepat dan efisien. GPU juga dapat digunakan untuk mempercepat simulasi, kalkulasi, dan tugas-tugas lain yang intensif secara komputasional, sehingga memungkinkan hasil yang lebih cepat dan performa yang lebih baik.

Dijelaskannya, untuk mendukung beragam beban kerja, Anda memerlukan berbagai mesin komputasi. "Yang kami lakukan dengan GPU yang dioptimalkan untuk industri merupakan satu dari banyak langkah yang kami tempuh agar pelanggan kami dapat meningkatkan keberagaman mesin di seluruh kontinum komputasi untuk mendorong dan memberdayakan aplikasi asli edge," katanya.

Akamai akan menunjukkan rangkaian solusi penyediaan media berdasarkan cloud di NAB Show 2024 di Akamai Lounge (ruang rapat W235LMR, Lantai 2) pada 1417 April, di Las Vegas.

Demonstrasi juga akan meliputi integrasi dengan Qualified Compute Partners Akamai, yang memungkinkan penyedia layanan video untuk memilih dan menjalankan kapabilitas alur kerja media pada Akamai Connected Cloud, platform untuk komputasi cloud, keamanan, dan penyediaan konten yang paling terdistribusi di dunia. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year