telkomsel halo

Teknologi NVIDIA DRIVE dukung Mediatek Dimensity auto cockpit

08:04:00 | 13 Apr 2024
Teknologi NVIDIA DRIVE dukung Mediatek Dimensity auto cockpit
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - MediaTek mengenalkan teknologi baru kecerdasan buatan (AI) tingkat lanjut untuk kabin mobil pintar melalui platform Dimensity Auto Cockpit terbaru; hasil kerja sama dengan teknologi NVIDIA DRIVE.

Portofolio Dimensity Auto Cockpit menawarkan pengalaman AI yang lebih bertenaga di kabin mobil pintar generasi berikutnya.

Platform terintegrasi ini terdiri dari empat SoC otomotif baru, termasuk Dimensity Auto Cockpit CX-1, CY-1, CM-1, dan CV-1, yang secara komprehensif mencakup segmen premium (CX-1) hingga entry (CV-1). Semua platform tersebut bakal didukung oleh NVIDIA DRIVE OS, yang memungkinkan produsen mobil memanfaatkan fitur-fitur yang sudah dikenal di berbagai kendaraan. Anda akan mengetahui kemampuan pembelajaran mendalam yang luar biasa dari Dimensity Auto Cockpit yang akan mendukung pengalaman AI Generatif yang dipersonalisasi dan intuitif di mobil pintar.

Menurut Corporate Senior Vice President and General Manager of MediaTek’s CCM Business Group, Jerry Yu, untuk mendukung kemampuan pembelajaran mendalam (deep learning), cipset Dimensity Auto Cockpit mengintegrasikan sistem ARM v9-A yang canggih dan komputasi AI akselerasi GPU generasi berikutnya dari NVIDIA serta grafis NVIDIA RTX.

"Platform Dimensity Auto Cockpit yang didukung AI juga menjalankan model bahasa besar (LLM) di dalam mobil, memungkinkan kendaraan mendukung chatbot, pengiriman konten ke beberapa layar, deteksi bahaya pengemudi, dan aplikasi keselamatan dan hiburan berbasis AI mutakhir lainnya," ujarnya.

Ditambahkannya, dengan menjalankan aplikasi secara lokal, tingkat keamanan tetap terjaga ditambah manfaat kecepatan dan latensi. Untuk lebih melindungi data pengguna, Dimensity Auto Cockpit menggabungkan fitur keamanan berbasis perangkat keras dengan dukungan standar keselamatan otomotif terkini.

"AI Generatif telah mentransformasi industri otomotif dengan cara yang sama seperti merevolusi pasar seluler dengan pengalaman komputasi yang lebih personal dan intuitif. Portofolio Dimensity Auto Cockpit akan menghadirkan gelombang baru hiburan bertenaga AI pada mobil cerdas, dan platform perangkat keras dan perangkat lunak terpadu kami memudahkan para produsen mobil untuk meningkatkan kemampuan AI di seluruh produknya," katanya.

Dimensity Auto Cockpit bakal menyuguhkan hiburan kabin mobil yang luar biasa. Platform juga dilengkapi GPU NVIDIA RTX, yang mendukung ray tracing untuk visual realistis dan efek pencahayaan dalam game, ditambah peningkatan AI dan pembuatan bingkai untuk aksi yang cepat dan lancar. Selain itu, penumpang dapat melakukan streaming film dan konten lainnya dengan lancar di berbagai layar, karena Dimensity Auto Cockpit mendukung konektivitas dan teknologi memori terbaru. Bahkan, mereka dapat memanfaatkan fitur konferensi video canggih, termasuk koreksi tatapan AI dan peningkatan audio berbasis AI.

Dijelaskannya, untuk membantu memangkas biaya material, cipset Dimensity Auto Cockpit CX-1, CY-1, CM-1, dan CV-1 sangat terintegrasi. ISP HDR multi-kamera internal mendukung kamera depan, dalam kabin, dan "penglihatan ala mata burung" (bird’s-eye-view camera) untuk berbagai macam aplikasi keselamatan. Selain itu, DSP audio terintegrasi mendukung asisten suara terbaru sehingga pengemudi dapat memperoleh informasi dan mengontrol sistem hiburan tanpa lepas dari kemudi.

"Jajaran Dimensity Auto dari MediaTek menawarkan portofolio produk lengkap untuk industri otomotif. Selain Dimensity Auto Cockpit, platform ini juga mencakup Dimensity Auto Connect, yang menyediakan telematika berkecepatan tinggi dan teknologi jaringan Wi-Fi berkinerja terbaik. Dimensity Auto Drive menawarkan platform terbuka yang terukur dan komprehensif yang didukung oleh NVIDIA dengan bantuan cerdas dan solusi mengemudi otonom, sedangkan xi menyediakan cipset kelas otomotif yang andal dan komponen yang berdiri sendiri untuk kendaraan yang selalu terhubung," jelasnya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year