telkomsel halo

API Security milik Akamai Technologies capai kepatuhan PCI DSS

09:15:00 | 25 Apr 2024
API Security milik Akamai Technologies capai kepatuhan PCI DSS
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Perusahaan cloud yang memberdayakan dan melindungi kehidupan online, Akamai Technologies mengumumkan bahwa produk API Security-nya telah mencapai kepatuhan Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) terkini (versi 4.0). Sebagai bagian dari proses ini, persyaratan khusus yang berkaitan dengan API ditambahkan.

PCI DSS adalah serangkaian standar keamanan yang didesain untuk memastikan organisasi yang menyimpan, memproses, atau mengirimkan informasi kartu kredit telah memiliki langkah-langkah keamanan yang efektif. API berperan penting dalam kepatuhan PCI DSS, karena dapat digunakan untuk menangani data pemegang kartu yang sensitif dan memfasilitasi pemrosesan pembayaran. Karena PCI DSS merupakan standar global, standar ini menjadi pelopor untuk penerapan praktik serupa.

Akamai umumkan bahwa jumlah permintaan terhadap penawaran API Security mereka meningkat pesat sejak akuisisi Neosec tahun lalu. Permintaan pelanggan meningkat hingga lebih dari 200% sejak diluncurkan pada Agustus 2023. Ini terjadi berkat penambahan fitur konektor asli sehingga penyebaran produksi bisa dilakukan dalam hitungan menit dan kemampuan API Security yang dapat memblokir ancaman secara instan menggunakan App & API Protector, serta integrasi penyebaran di seluruh platform gateway WAAP dan API yang ditawarkan.

API Security Akamai juga dapat diintegrasikan dengan baik dengan perangkat lain, seperti ASPM dari Apiiro, untuk membantu organisasi menjamin keamanan sejak tahap awal. Pentingnya keamanan API ditekankan oleh temuan dari laporan State of the Internet terbaru Akamai. Laporan ini menemukan bahwa hampir sepertiga serangan web menyerang API.

Pelanggan di berbagai industri, dari pariwisata hingga ritel, memuji API Security Akamai atas efektivitas, penggunaan intuitif, serta kemampuan pemantauan real time yang berhasil meningkatkan keamanan operasional dan pengalaman pengguna mereka.

CTO Clal, Haim Inger mengatakan, ia mengandalkan API untuk mendorong inovasi, dan memilih Akamai API Security karena mudah digunakan dan memiliki performa yang baik. "Kami tidak perlu melakukan apa pun untuk memahami kondisi rangkaian API kami. Setelah mengimpor data yang telah melalui tokenisasi tentang API kami, solusi Akamai secara otomatis memberikan wawasan tentang apa yang perlu diperbaiki dan bagaimana caranya," jelasnya.

Berikut pengalaman pelanggandari Gartner® Peer Insights™ :

    "Akamai menawarkan pemantauan real time, memberikan visibilitas instan terhadap potensi insiden keamanan, dan memungkinkan respons cepat. Solusi ini memiliki kontrol efisien terhadap penggunaan API dengan mekanisme pembatasan laju untuk mencegah penyalahgunaan dan memastikan ketersediaan sumber daya." — Administrator Salesforce di Layanan TI.

    "Platform API Security Akamai menawarkan solusi yang tangguh dan ramah pengguna untuk mengamankan API pada aplikasi modern. Dengan rangkaian fitur komprehensif dan kemampuan memitigasi ancaman secara efektif, solusi ini merupakan investasi penting bagi organisasi yang memprioritaskan keamanan API." — Insinyur di sektor ritel.

    "API Security Akamai memiliki fitur luar biasa dengan performa dan keamanan yang secara keseluruhan lebih baik. Solusi ini menawarkan integrasi mudah dengan sistem dan alur kerja yang sudah ada. Solusi Akamai dirancang untuk dapat ditingkatkan dan melayani kebutuhan bisnis yang terus berkembang tanpa mengorbankan keamanan. Solusi ini juga mempertahankan standar dan regulasi industri, sehingga menjamin lingkungan API yang aman dan patuh." - Analis Pengujian Otomatisasi Senior di Layanan TI

Dikatakan Senior Vice President dan General Manager, Application Security di Akamai, Rupesh Chokhi, berdasarkan input pelanggan, jelas bahwa pentingnya keamanan API terus berkembang seiring dengan semakin bergantungnya organisasi pada API dalam menjalankan usahanya.

"API Security Akamai yang patuh terhadap PCI DSS memberikan ogranisasi kemampuan untuk memantau perilaku API di platform atau gateway apa pun untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses bisnis," jelasnya.

Untuk melihat kasus penggunaan cara organisasi menggunakan API Security agar mendapatkan visibilitas penuh terhadap seluruh rangkaian API mereka melalui penemuan dan pemantauan berkelanjutan, baca kisah pelanggan kami dari HiBob, EarnIn, dan Dan Hotels. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year