telkomsel halo

Eaton dan Red Dot Analytics kolaborasi untuk tingkatkan kemampuan data center

04:15:00 | 14 Apr 2024
Eaton dan Red Dot Analytics kolaborasi untuk tingkatkan kemampuan data center
SINGAPURA(IndoTelko) - Perusahaan yang menyediakan solusi sistem manajemen kelistrikan pintar (intelligent power management), Eaton, berkolaborasi dengan Red Dot Analytics (RDA) untuk mengembangkan solusi kecerdasan buatan (AI) dan aplikasinya di pusat data, termasuk predictive maintenance (kegiatan pemeliharaan prediktif), deteksi anomali, dan optimalisasi efisiensi energi.

Segera dimulai pada April 2024, kolaborasi ini menyatukan keahlian digital Eaton dalam manajemen kelistrikan dan infrastruktur pusat data dan teknologi Cognitive Digital Twin (DT) RDA. Sinergi tersebut akan meningkatkan aspek keberlanjutan, kegesitan (agility), dan daya tahan infrastruktur pusat data.

APAC Regional Director, Cybersecurity, Digitalization and Data Center, Eaton Richard Farrell mengungkapkan, infrastruktur pusat data yang reliabel dan efisien sangat berperan dalam memenuhi kebutuhan listrik dan data, terutama ketika ekonomi digital berjalan kian cepat dan tingkat penggunaan AI bertambah luas dalam seluruh lapisan masyarakat.

"Lewat kolaborasi yang terjalin dengan Red Dot Analytics, kami dapat bekerja sama mengembangkan solusi pusat data AI yang modern agar kalangan operator memenuhi pesatnya kebutuhan daya komputasi sekaligus memenuhi target keberlanjutan dan efisiensi energi," katanya.

Kolaborasi Eaton dan RDA memperkuat komitmen dalam mendukung daya tahan infrastruktur yang berperan vital, serta mempermudah akses solusi yang berkelanjutan, efisien, dan kompetitif dari segi harga bagi semua kalangan. Maka, Eaton dan RDA akan menggarap proyek uji coba di industri guna mengetes dan mendorong tingkat penggunaan solusi baru yang meningkatkan aspek keberlanjutan dan resiliensi pusat data AI.

Chief Executive Officer dan Co-founder, Red Dot Analytics Henry Xu menambahkan ketika perkembangan semakin kompleks, dan densitas rak melonjak hingga puluhan KW dalam konfigurasi yang sarat akan GPU, industri semakin kesulitan menyeimbangkan performa, daya tahan, dan keberlanjutan.

"Untuk itu, keunggulan AI dan teknologi DT harus sepenuhnya dimanfaatkan dalam seluruh siklus pusat data, mulai dari validasi desain yang berorientasi pada AI hingga optimalisasi kegiatan operasional secara real-time," katanya.

Kolaborasi bersama RDA melanjutkan momentum kerja sama riset yang telah dijalankan Eaton, seperti proyek Sustainable Tropical Data Centre Testbed (STDCT). Dalam proyek ini, Eaton bergabung sebagai anggota konsorsium yang ikut mendorong pengembangan solusi pendinginan perangkat (cooling) yang layak secara komersial, inovatif, dan berkelanjutan untuk digunakan pusat data di wilayah tropis.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year