telkomsel halo

LG akan pamer robot cerdas untuk rumah tangga di CES 2024

12:19:00 | 08 Jan 2024
LG akan pamer robot cerdas untuk rumah tangga di CES 2024
JAKARTA (IndoTelko) - LG Electronics (LG) akan mengenalkan teknologi Smart Home AI Agent terbarunya atau robot cerdas untuk rumah tangga pada ajang Consumer Electronics Show 2024 (CES 2024) pada 9 Januari 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dengan AI Agent dan fitur active hub di dalamnya, LG ingin pengguna terbebas dari beban pekerjaan rumah tangga serta menjadi yang terdepan di pasar smart home.

"Smart Home AI Agent inovatif kami menggabungkan mobilitas otonom mutakhir dan teknologi kecerdasan buatan yang mampu berkomunikasi dan melayanani pengguna sehingga pengguna terbebas dari beban pekerjaan rumah tangga. Sebagai perusahaan solusi kehidupan cerdas, LG akan senantiasa menghadirkan kehidupan yang lebih cerdas dan pengalaman yang lebih menyenangkan di rumah," ujar Presiden Direktur LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company, Lyu Jae-cheol.

AI Agent merupakan asisten robot yang diterapkan dalam LG’s smart home dan dilengkapi dengan teknologi multi-modal mutakhir sehingga mampu bergerak, belajar, memahami, dan bercakap dengan pengguna. Sebagai pengelola dan pendamping rumah tangga yang serba bisa, AI Agent dikembangkan oleh LG untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari pengguna dan merealisasikan komitmennya dalam mewujudkan visi ‘Zero Labor Home’.

Dengan desain roda berkaki dua yang canggih, AI Agent LG mampu menjelajahi rumah secara mandiri. Perangkat cerdas ini dapat berinteraksi secara verbal dengan pengguna dan mengekspresikan emosi serta gerakan karena memiliki sendi kaki yang fleksibel. Selain itu, perangkat juga dilengkapi dengan teknologi multi-modal yang menggabungkan pengenalan suara dan gambar serta pemrosesan bahasa alami sehingga dapat memahami konteks, perintah, dan berkomunikasi secara aktif dengan pengguna.

Sebagai pendukung rumah cerdas yang "bergerak", AI Agent yang futuristik ini terhubung dengan berbagai peralatan berbasis IoT dan mampu mengoperasikannya secara mandiri. Melalui kolaborasi dengan Qualcomm Technologies, Inc., AI Agent dilengkapi dengan Platform Qualcomm® Robotics RB5 yang menghadirkan berbagai fitur AI canggih seperti pengenalan wajah dan suara pengguna. AI Agent juga menggunakan kamera, speaker, dan sensor internal untuk mengumpulkan data lingkungan secara real-time, termasuk suhu, kelembapan, dan kualitas udara dalam ruangan.

Teknologi AI LG mampu menganalisis data tersebut, mempelajari, dan menggabungkannya dengan informasi eksternal. AI Agent juga dapat membantu memonitor dan merawat hewan peliharaan saat pengguna berada di luar rumah. Selain itu, AI Agent dapat berfungsi sebagai penjaga keamanan dan dapat memberikan peringatan kepada pengguna apabila ada aktivitas yang mencurigakan di sekitar rumah.

Lebih lanjut, AI Agent LG merupakan robot serba guna dan dapat dikembangkan. AI Agent dapat berpatroli di dalam rumah secara mandiri saat tidak ada orang, berpindah ruangan, dan mengirimkan notifikasi ke ponsel pengguna apabila terdapat jendela yang terbuka ataupun lampu yang masih menyala. Selain itu, AI Agent dapat membantu menghemat energi dengan mematikan perangkat yang tidak digunakan di seluruh rumah apabila telah dihubungkan ke stopkontak cerdas yang terhubung dengan IoT.

Saat pengguna pulang ke rumah, AI Agent akan menyambut pengguna di pintu depan. AI Agent akan menganalisis suara dan ekspresi wajah pengguna untuk membaca emosi dan memainkan musik ataupun konten lainnya yang sesuai dengan suasana hati pengguna. AI Agent juga mampu memberikan informasi mengenai transportasi, cuaca, jadwal pribadi, dan mengingatkan pengguna untuk minum obat sehingga membantu keseharian pengguna.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year