telkomsel halo

Google Cloud Region akan akselerasi transformasi digital

12:46:00 | 29 Jun 2020
Google Cloud Region akan akselerasi transformasi digital
JAKARTA (IndoTelko) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memprediksi kehadiran Google Cloud Region Jakarta mempercepat akselerasi transformasi digital di Indonesia. 

"Kehadiran Google Cloud tentu akan menjadi bagian penting dalam penguatan dan pengembangan teknologi berbasis digital di Indonesia. Pemerintah Indonesia berharap kehadiran pusat data ini dapat turut memperkokoh keamanan dan pelindungan privasi data; meningkatkan kemajuan ekonomi digital," tuturnya. 

Johnny mengatakan, saat ini Pemerintah tengah melakukan percepatan transformasi digital menuju masyarakat digital. Menurut Menteri Kominfo, fokus percepatan itu mencakup penyelesaian pembangunan infrastruktur telekomunikasi, penataan spektrum frekuensi termasuk untuk mengakselerasi penerapan teknologi 5G, pembangunan pusat data nasional pusat data pemerintah pengembangan sumberdaya manusia atau talenta digital.

"Dan pemrosesan beberapa legislasi primer untuk mendukung berkembangnya ekosistem ekonomi digital. Pemerintah tengah bekerja bersama DPR RI dalam proses politik untuk mempercepat pengesahan rancangan undang-undang perlindungan data pribadi," paparnya.

Ditambahkannya, pembangunan pusat data Google Cloud Region Jakarta menjadi bagian penting dalam penguatan pengembangan teknologi berbasis digital di dalam negeri. Secara khusus, Menteri Johnny menilai hal itu akan mampu meningkatkan penerapan berbagai teknologi.

"Mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital seperti Data Analytics, Artificial Intelligence, dan Machine Learning," ujarnya

Dikatakannya pembangunan Data Cloud Region Jakarta, merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan multinasional Google dalam membangun peradaban yang modern. Menurutnya dampak pembangunan itu akan sangat baik, karena membuat masyarakat dalam negeri mempelajari perkembangan-perkembangan teknologi yang ada.

"Pemerintah Indonesia telah melakukan serangkaian upaya dalam rangka mempercepat proses transformasi digital masyarakat. Dari mulai infrastruktur yang saat ini tengah gencar dipersiapkan oleh Kominfo. Selanjutnya, membangun sumber daya manusia yang mampu menggunakan perkembangan teknologi untuk produktif," paparnya.

Diharapkannya jalinan kerjasama antara keduanya dapat memaksimal berbagai peluang-peluang yang muncul dari perkembangan teknologi. Supaya, dapat membuat masyarakat Indonesia semakin produktif di masa depan, melalui bantuan dari teknologi modern yang ada.

"Saya meyakini bahwa kolaborasi antara pemerintah, lembaga negara, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat sipil dan seluruh pemangku kepentingan adalah kunci dalam akselerasi transformasi digital Indonesia," pungkasnya.

Google Cloud sekarang telah memiliki 24 wilayah operasi dan 73 zona di 17 negara. Google Cloud dilengkapi Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year