telkomsel halo

Fortinet umumkan versi terkini dari sistem operasi FortiOS

04:45:00 | 24 Apr 2024
Fortinet umumkan versi terkini dari sistem operasi FortiOS
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Pemimpin global di bidang keamanan siber (cybersecurity) yang mendorong konvergensi antara jaringan dan keamanan, Fortinet mengumumkan versi terkini dari Sistem operasi FortiOS dan peningkatan besar lainnya pada platform keamanan siber perusahaan, Fortinet Security Fabric.

FortiOS 7.6 membantu pelanggan memitigasi risiko dengan lebih baik, mengurangi kerumitan, dan mewujudkan pengalaman pengguna yang unggul di seluruh jaringannya dengan fitur-fitur baru yang mencakup bidang-bidang sebagai berikut:

    Ratusan penyempurnaan di FortiOS 7.6 menghadirkan peningkatan Fortinet Security Fabric antara lain di bidang seperti Secure SD-WAN, secure access service edge (SASE), akses jaringan zero-trust (ZTNA), automasi, penyediaan, isolasi peramban jarak jauh, dan pemantauan pengalaman digital (DEM), semuanya dengan opsi konsumsi fleksibel (SaaS atau PaaS).

    GenAI untuk analisis ancaman dan penerapan produk: Membangun kemampuan Generative AI (GenAI) yang ada untuk mempercepat penyelidikan dan remediasi ancaman, FortiOS 7.6 mengintegrasikan FortiAI (sebelumnya Fortinet Advisor) yang berasal dari pusat data lake Fortinet, FortiAnalyzer, dan konsol manajemen terpadunya, Manajer Forti. Integrasi ini meningkatkan analisis dan respons ancaman sekaligus menyederhanakan operasi jaringan dan keamanan. Memperluas FortiAI di seluruh Fortinet Security Fabric memfasilitasi pengambilan keputusan yang lebih cepat, membantu mendeteksi dan memulihkan insiden dengan cepat, dan memastikan perusahaan dapat dengan mudah mengadopsi teknologi yang diperlukan.

    Kemampuan perlindungan data yang komprehensif di seluruh jaringan Perlindungan data terpusat dikombinasikan dengan titik penegakan di seluruh Fortinet Security Fabric akan memungkinkan lebih banyak perusahaan untuk mengadopsi dan mengelola strategi pencegahan kehilangan data (DLP) yang lengkap. Fitur-fitur FortiOS 7.6 yang ditingkatkan ini memastikan informasi sensitif tetap aman di mana pun informasi tersebut berada dalam jaringan hybrid.

Pembaruan tambahan untuk meningkatkan Fortinet Security Fabric meliputi:

1. Fitur deteksi dan respons titik akhir ditambahkan ke agen terpadu Fortinet

FortiClient, agen terpadu Fortinet Security Fabric, akan berintegrasi dengan deteksi dan respons titik akhir penuh (EDR) untuk menambahkan perlindungan ransomware, deteksi berbasis perilaku, dan respons otomatis, serta visibilitas, kontrol, dan kemampuan akses jarak jauh ZTNA yang lebih dalam. Fortinet memberikan agen terpadu yang mencakup VPN, ZTNA, Platform perlindungan titik akhir (EPP), EDR, DEM, kontrol akses jaringan (NAC), dan SASE untuk mengurangi penyebaran agen dan menyederhanakan manajemen di lingkungan yang kompleks.

2. Cara-cara lain untuk mengatasi kekurangan tenaga ahli siber

Selain GenAI, FortiAnalyzer kini menyertakan opsi layanan out-of-the-box SIEM dan SOAR, memberi penyerapan data yang lebih luas dan pedoman otomatis untuk menyederhanakan adopsi dan perluasan operasi keamanan (SecOps). Augmentasi operasi sudah tersedia dengan penawaran SOC-as-a-Service kami yang kuat untuk membantu SecOps, dan kini kami menambahkan Managed FortiGate Service untuk mendukung tim operasi jaringan. Layanan ini mencerminkan dedikasi Fortinet untuk mendukung mitra kami seiring pengembangan portofolio untuk menjangkau khalayak yang lebih luas serta promosi penerapan praktik terbaik di mana pun.

Layanan-layanan ini secara khusus membantu mitra kami mengatasi kekurangan tenaga ahli siber yang sedang berlangsung sekaligus menyederhanakan transformasi digital pelanggan akhir mereka.

Kekuatan Satu Sistem Operasi

Dedikasi Fortinet untuk mengintegrasikan portofolionya dalam satu sistem operasi, ditambah investasinya di ASICs khusus, telah memberikan manfaat nyata bagi pelanggan berbagai skala di berbagai bidang, antara lain :

1. Firewall

FortiOS dimulai sebagai sistem operasi firewall dan unggul dalam fungsi tersebut, memberikan keunggulan kinerja dan efisiensi daya yang sangat besar bila dipasangkan dengan ASICs yang dikembangkan secara internal. Dengan satu OS di semua model FortiGate, ASICs khusus Fortinet mempercepat fungsi FortiOS untuk mendukung 14 aplikasi jaringan dan keamanan, memungkinkan pendekatan firewall jaring hybrid terhadap keamanan infrastruktur, melindungi lingkungan lokal, jarak jauh, dan awan dengan kebijakan dan manajemen keamanan yang konsisten.

2. Segmentasi dan ZTNA

Untuk perangkat yang dikelola, kontrol ZTNA memeriksa pengguna yang terhubung ke aplikasi dan data serta mengelompokkan akses aplikasi menggunakan gateway aplikasi FortiOS yang sama. Pergerakan lateral penjahat siber (cybercriminal) dan program ransomware semakin dibatasi oleh firewall segmentasi internal yang diaktifkan oleh firewall pusat data dengan throughput tinggi dan latensi rendah yang didukung oleh FortiOS.

3. Keamanan OT/IoT/Edge

Karena FortiOS dapat mengontrol dan melindungi jaringan kabel dan nirkabel, keamanan ini juga dapat diperluas hingga ke edge, memberikan perlindungan yang konsisten untuk perangkat IoT, jaringan OT, dan perangkat tanpa agen lainnya.

4. SASE Terpadu

Jaringan Fortinet yang global dan dapat diskalakan, menjalankan FortiOS melalui titik kehadiran di seluruh dunia, melindungi tenaga kerja hybrid dan thin edge. Jaringan ini juga didukung oleh kemampuan SD-WAN terdepan di industri yang diintegrasikan ke dalam FortiOS untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

5. Operasi Keamanan Berbasis AI

Semua skenario ini kemudian dilindungi oleh teknologi canggih Operasi Keamanan berbasis AI milik Fortinet, yang dimungkinkan oleh penyerapan data, telemetri, dan informasi ancaman secara umum melalui data lake tunggal kami dan penerapan FortiOS yang seragam di seluruh Fortinet Security Fabric.

6. Platform Fortinet Security Fabric

Fortinet mendukung pelanggan dengan pendekatan platform terhadap keamanan siber melalui Fortinet Security Fabric, yang menyatukan jaringan dan keamanan melalui satu sistem operasi (FortiOS), satu agen terpadu (FortiClient), satu konsol manajemen (FortiManager), dan satu data lake (FortiAnalyzer) untuk mengintegrasikan dan melindungi seluruh permukaan serangan digital. Fokusnya pada tiga pilar utama perusahaan: jaringan aman, SASE terpadu, dan operasi keamanan berbasis AI.

Fortinet Security Fabric adalah hasil dari fokus tanpa henti selama lebih dari dua dasawarsa pada visi platform perusahaan serta pengembangan dan inovasi produk organik. Ini mencakup lebih dari 50 produk dan layanan tingkat perusahaan, termasuk firewall jaringan, LAN kabel dan nirkabel, SD-WAN, SASE, SIEM, dan EPP. Cakupan produk terintegrasi yang luas ini, dikombinasikan dengan API terbuka dan ekosistem mitra aliansi teknologi mendalam yang terdiri dari 500 lebih vendor pihak ketiga, memastikan pelanggan dapat mulai membangun platform berdasarkan sistem yang telah diterapkan saat ini serta memanfaatkan Fortinet Security Fabric untuk mendorong nilai tertinggi kebutuhan unik mereka. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year